Banjir Dubai, Penyemaian Awan Buatan Jadi Biang Kerok?

Banjir Dubai, Penyemaian Awan Buatan Jadi Biang Kerok?

Teknologi | sindonews | Kamis, 18 April 2024 - 14:38
share

Kota Dubai, Uni Emirat Arab lumpuh total setelah hujan deras hanya dalam waktu 24 jam. Penyemaian awan ditengarai menjadi penyebabnya.

Melansir Interesting Engineering, Kamis (18/4/2024), beberapa media mengaitkan banjir ini dengan kegiatan penyemaian awan yang secara rutin dilakukan Dubai untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Sebuah pesawat secara rutin digunakan untuk menyebarkan bahan kimia dan partikel kecil, seperti garam kalium klorida, ke dalam awan hujan untuk meningkatkan presipitasi.

Menurut Ahmed Habib, seorang ahli meteorologi di Pusat Nasional Meteorologi (NCM), negara tersebut terlibat dalam aktivitas penyemaian awan pada hari-hari sebelum hujan. Pesawat-pesawat diberangkatkan dari Bandara Al Ain setiap hari Senin dan Selasa untuk menyemaikan awan-awan konvektif yang telah terbentuk di wilayah tersebut.

Sejak berita ini dipublikasikan, pengguna media sosial berbagi gambar dan video tentang banjir dan menyalahkan latihan penyemaian. Meskipun mudah untuk mengaitkan kedua insiden tersebut dan menyalahkan banjir pada penyemaian awan buatan, tinjauan lebih dalam terhadap kenyataan memberikan cerita yang berbeda.

Penyemaian awan bukan hal baru bagi Dubai . Laporan Bloomberg menyebutkan bahwa teknik ini telah digunakan sejak 2002 dan tidak pernah menunjukkan hasil yang sangat buruk dalam dua dekade sebelumnya.

Sebagian orang percaya eksperimen penyemaian tidak salah karena Dubai melakukan sekitar 300 operasi seperti itu setiap tahun. NCM juga menjelaskan bahwa mereka tidak melakukan penyemaian awan pada hari badai melanda. Meskipun penyemaian awan terdengar seperti kemenangan manusia atas salah satu kekuatan alam, teknik ini hanya dapat meningkatkan produksi hujan sekitar 25 persen.

Dengan kata lain, campur tangan manusia tidak dapat menciptakan hujan ketika awan hujan tidak ada di langit. Bahkan jika ada peningkatan curah hujan di Dubai, peran penyemaian awan dalam hal ini relatif kecil, dan wilayah tersebut akan menerima sebagian besar curah hujan itu dengan atau tanpa penyemaian.

Menurut laporan Wired, penyemaian awan memiliki efek yang sangat lokal. Sebagian besar latihan di UAE dilakukan di bagian timur wilayah itu dan jauh dari Dubai. Bukti tambahannya, Oman juga mengalami curah hujan berlebih walaupun tidak melakukan penyemaian awan.

Kota ini dibangun dengan beton dan kaca dan tidak memiliki infrastruktur untuk menyerap air berlebih. Dengan perubahan iklim, sudah umum melihat kota-kota besar terendam ketika hujan berlebihan. Kondisi ini menjadi pengingat lain bahwa infrastruktur perkotaan harus dirancang dengan mempertimbangkan perubahan iklim dan dampaknya terhadap lingkungan alam dan manusia.

Di Dubai, banjir menyebabkan sekolah-sekolah ditutup, dan karyawan diarahkan untuk bekerja dari rumah setelah parkir bawah tanah tergenang air. Layanan metro juga terganggu setelah hujan deras selama dua hari. Bandara Internasional Dubai, salah satu yang tersibuk di dunia, menghadapi gangguan signifikan, dengan penerbangan baik dialihkan atau ditunda selama beberapa jam. Kerusakan tidak terbatas hanya pada kota itu sendiri. Jalan di ibu kota Abu Dhabi juga tergenang air, sementara seorang pria berusia 70 tahun kehilangan nyawanya ketika kendaraannya terjebak dalam banjir kilat di Ras Al Khaimah.

Topik Menarik