5 Fakta Gunung Ruang Sulawesi Utara, Meletus Perdana Mengakibatkan Tsunami

5 Fakta Gunung Ruang Sulawesi Utara, Meletus Perdana Mengakibatkan Tsunami

Teknologi | sindonews | Kamis, 18 April 2024 - 11:44
share

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi pada 17 April 2024 pukul 20.15 WITA. Letusan gunung membuat warga yang tinggal di sekitar gunung dievakuasi.

Status gunung pun telah dinaikan dari Siaga menjadi level IV atau Awas. Letusan ini kembali terjadi setelah hampir 22 tahun Gunung Ruang tidak mengeluarkan letusan.

Aktivitas vulkanik semakin meningkat. Di media sosial pun ramai membahas dan menampilkan penampakan Gunung Ruang yang menyemburkan abu vulkaniknya ke atas awan hingga adanya sambaran petir.

Diketahui, Gunung Ruang memiliki pesona keindahan yang luar biasa, terlebih gunung ini dikelilingi hamparan air laut berwarna biru.

Terdapat beberapa fakta menarik mengenai Gunung Ruang, yuk simak selengkapnya, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (18/4/2024).

Baca Juga: Kembali Meletus, Ini Catatan Sejarah Panjang Erupsi Gunung Ruang

Fakta Gunung Ruang

1. Terdapat kubah lava panas

Gunung Ruang menjadi salah satu gunung berapi kerucut yang terletak di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara. Pada puncak gunungnya terdapat kubah lava panas. Gunung ini juga jadi gunung berapi paling selatan di busur Sangihe antara Sulawesi Utara dan Mindanao, Filipina.

2. Letusan terakhir terjadi pada 2002

Gunung Ruang terakhir kali menunjukkan letusan besarnya hampir 22 tahun lalu. Letusan besar tersebut terjadi pada tahun 2002 yang membuat dua kampung di sekitarnya harus dievakuasi. Sejak saat itu, Gunung Ruang terus aktif dengan asap di sekitar kawah.

3. Pertama meletus pada 1871

Letusan Gunung Ruang pertama kalinya terjadi mulai tanggal 3 Maret dan berakhir pada tanggal 14 Maret tahun 1871. Letusan ini terjadi di gunung berapi Ruang di Laut Maluku. Peristiwa tersebut mengakibatkan hadirnya tsunami dahsyat berukuran 25 meter (82 kaki) dan membanjiri banyak desa di pulau-pulau terdekat. Akibatnya sekira 400 orang tewas yang sebagian besar penduduk desa tenggelam, dan mayat mereka kemudian terlihat di pantai.

Baca Juga: Gunung Ruang Erupsi, Keluarkan Awan Panas dan Hujan Batu

4. Memiliki ketinggian 725Mdpl

Gunung Ruang memiliki ketinggian 725 m atau setara dengan 2.379 kaki. Bukan cuma itu, gunung ini berjenis Stratovolcano atau dikenal sebagai gunung berapi komposit yang yang tinggi serta mengerucut yang terdiri atas lava dan abu vulkanik yang mengeras.

5. Sempat menunjukan aktivitas pada 2022

Pada April 2022, Gunung Ruang sempat memperlihatkan adanya aktivitas vulkanik. Sehingga statusnya dinaikkan dari Normal ke Waspada oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Namun aktivitas terus menurun dan PVMBG masih evaluasi Penurunan status Gunung Ruang dari Waspada ke Normal.

Topik Menarik