Ilmuwan Temukan 3 Spesies Baru Kanguru Raksasa yang Punah di Australia

Ilmuwan Temukan 3 Spesies Baru Kanguru Raksasa yang Punah di Australia

Teknologi | sindonews | Rabu, 17 April 2024 - 07:08
share

Tim peneliti Australia baru saja mengidentifikasi tiga spesies baru kanguru raksasa lewat pemeriksaan fosil.

Ahli paleontologi dari Flinders University Adelaide baru-baru ini meninjau beberapa fosil kanguru lengkap dari Danau Callabonna di Australia Selatan yang ditemukan pada 2013, 2018, dan 2019. Dengan meninjau semua spesies Protemnodon, genus kanguru punah yang hidup dari 5 juta hingga 40.000 tahun yang lalu, para peneliti mengidentifikasi tiga spesies baru kanguru, salah satunya berukuran dua kali lipat kanguru merah terbesar yang hidup saat ini. Temuan peneliti utama studi ini, Isaac Kerr, dan rekan penulisnya baru-baru ini diterbitkan di Megataxa. Penemuan ini mengungkapkan atribut spesies baru yang sangat berbeda satu sama lain misalnya, kanguru hidup di lingkungan yang berbeda dan melompat dengan cara yang berbeda.

Spesies baru tersebut diberi nama Protemnodon viator, Protemnodon mamkurra, dan Protemnodon dawsonae. Yang pertama adalah spesies terbesar yang diidentifikasi oleh para peneliti mencapai dua kali ukuran kanguru merah jantan saat ini. Kanguru merah dapat berdiri hingga hampir 1,8 meter.

Studi tersebut mengatakan Protemnodon viator dinamai karena sifatnya yang berkaki panjang, yang memungkinkannya "melompat cukup cepat".

Spesies lainnya, Protemnodon mamkurra dan Protemnodon dawsonae. Protemnodon mamkurra kemungkinan bergerak dengan keempat kakinya, membuatnya lebih lambat daripada Protemnodon viator. Seekor kanguru besar tapi bertulang tebal dan kuat, mungkin bergerak cukup lambat dan tidak efisien. Ia mungkin melompat hanya sesekali, mungkin hanya ketika terkejut, kata Kerr. Penelitian Kerr berlangsung selama lima tahun. Para peneliti memotret dan memindai 3-D lebih dari 800 spesimen yang dikumpulkan dari Australia dan Papua Nugini dan membandingkannya.

Ini adalah tugas yang cukup berat, kata Kerr, lewat keterangan resminya. Rasanya sangat senang akhirnya bisa menyebarkannya ke dunia, setelah lima tahun penelitian, 261 halaman, dan lebih dari 100.000 kata. Saya sangat berharap ini membantu lebih banyak studi tentang Protemnodon, jadi kami dapat mengetahui lebih banyak tentang apa yang dilakukan kanguru-kanguru ini, tambahnya. "Kanguru yang hidup sudah menjadi hewan yang luar biasa, jadi sungguh menakjubkan memikirkan apa yang dilakukan kanguru raksasa yang aneh ini," beber Kerr lagi. Semua spesies Protemnodon punah di daratan Australia 40.000 tahun yang lalu, dan alasannya tidak jelas, terutama karena banyak spesies berbeda dalam ukuran, habitat, dan penanda lainnya.

Sangat menyenangkan memiliki kejelasan tentang identitas spesies Protemnodon," kata profesor Flinders Gavin Prideaux, salah satu penulis studi Megataxa, tentang spesies tersebut. Prideaux mengatakan kepada Newsweek bahwa tim peneliti sedang bersiap untuk pergi ke Papua Nugini untuk "mencari fosil spesies awal Protemnodon dan hewan lain yang hidup bersamamereka."

Topik Menarik