Hujan Meteor Terindah 2024 Terjadi Akhir April hingga Awal Mei

Hujan Meteor Terindah 2024 Terjadi Akhir April hingga Awal Mei

Teknologi | sindonews | Rabu, 17 April 2024 - 06:49
share

Hujan meteor Eta Aquariids akan menjadi salah satu hujan meteor yang paling indah pada tahun 2024. Diperkirakan pertunjukan langit ini akan berlangsung mulai 15 April hingga 27 Mei, puncaknya biasanya terjadi pada malam 4-5 Mei.

Eta Aquariids adalah satu dari tiga hujan meteor yang terjadi pada tahun 2024 dan akan mencapai puncaknya ketika cahaya bulan di langit malam sangat sedikit, sehingga lebih mudah untuk dilihat.

Forbes melansir, Rabu (17/4/2024) jumlah maksimum Bintang jatuh per jam diperkirakan mencapai 50 meteor. Sementara American Meteor Society memprediksi pada malam puncak akan ada 10-30 per jam yang jatuh.

Meteor atau Bintang jatuh adalah bongkahan kecil batu atau debu yang terbakar saat menghantam atmosfer bumi. Hujan meteor disebabkan oleh Bumi yang melewati orbit komet atau asteroid yang dipenuhi debu.

Baca Juga: Bikin Kaya Dadakan, Batu Meteor Diburu

Belahan bumi wilayah selatan khatulistiwa cenderung melihat akan lebih banyak bintang jatuh karena letaknya lebih tinggi dan akan terlihat jelas pada tengah malam saat sumber konstelasi Aquarius berada pada titik tertinggi di langit.

Eta Aquariids tahun ini dikatakan yang terbaik karena malam puncaknya terjadi saat bulan terbenam. Eta Aquariids akan berlangsung hanya beberapa malam sebelum bulan baru. Pada malam puncak, bulan hanya akan terlihat seperti bulan sabit dengan pencahayaan 14 persen saat ia terbit beberapa jam sebelum matahari terbit, sehingga banyak hal yang tidak akan mengganggu pengamatan. Tahun lalu puncak Eta Aquariids kurang memukau karena terganggu oleh bulan purnama.

Baca Juga:Apakah Hujan Meteor Itu Berbahaya? Simak Ulasannya

Untuk menyaksikan bintang jatuh tidak memerlukan peralatan khusus. Namun akan lebih baik jika melihat dari tempat yang minim penerangan. Langit akan terlihat sangat jelas ketika tidak ada awan yang menutupi dan tempat terbaik biasanya adalah pedesaan. Sebelum menyaksikan pemandangan bintang jatuh penting untuk menyesuaikan pengelihatan dengan kegelapan, jangan menggunakan ponsel pada saat waktu tersebut karena akan terdistraksi oleh perbedaan kecerahan.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar

Topik Menarik