Bocoran iOS 18, Apple Hadirkan Asisten AI ke Browser Safari?

Bocoran iOS 18, Apple Hadirkan Asisten AI ke Browser Safari?

Teknologi | okezone | Kamis, 11 April 2024 - 10:05
share

JAKARTA - iOS 18 dikabarkan akan menyertakan sejumlah fitur kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) baru yang tersebar di seluruh sistem operasi. Rumor baru hari ini menunjukkan bahwa salah satu fitur tersebut mungkin adalah Asisten penjelajahan Safari.

Namun,masih belum jelas apa fungsi sebenarnya dari fitur tersebut.

Dilansir 9to5Mac , dalam postingan di media sosial hari ini, pemeriksa kode Nicols lvarez membagikan dua fitur baru yang sedang dikerjakan di Apple, yaitu:

- Asisten penjelajahan Safari

- Pencarian visual terenkripsi

Menurut lvarez, kedua fitur ini menggunakan infrastruktur Relai PribadiApple untuk mengirim data kembali ke Apple. lvarez berspekulasi bahwa ini adalah praktik menjaga privasi di pihak Apple, sehingga Apple tidak mempelajari alamat IP pengguna. Sebagai catatan, Relai Pribadi iCloud saat ini hanya tersedia untuk pelanggan iCloud+.

Apple sudah menawarkan fitur gaya pencarian visual yang berbeda, terintegrasi ke dalam Spotlight dan aplikasi Foto. Tidak jelas secara eksplisit apakah penelusuran visual terenkripsi hanyalah versi yang lebih aman dari fitur yang ada atau sesuatu yang sama sekali baru.

Yang lebih menarik di sini adalah fitur Asisten penelusuran Safari. Berdasarkan namanya saja, fitur ini sepertinya akan menghadirkan fitur AI ke Safari, serupa dengan yang sudah ditawarkan browser lain. Browser Edge Microsoft, misalnya, memiliki fitur Copilot AI bawaan yang berbeda. Arc dari The Browser Company juga menggabungkan berbagai fitur AI dengan penelusuran web.

Bloomberg melaporkan bahwa Apple kemungkinan akan bekerja sama dengan perusahaan seperti Google untuk mendukung beberapa fitur AI barunya.

iOS 18 diperkirakan akan diumumkan di WWDC, yang dimulai pada 10 Juni, dan pengumuman apapun terkait kerja sama AI pada iOS 18 kemungkinan tidak akan terjadi sebelum event tersebut.

lvarez juga melaporkan bahwa iOS 18 akan menghadirkan dua fitur baru ke Apple Maps di iPhone, termasuk pembuatan rute khusus dan peta topografi baru.