Mengejutkan, Ikan Kecil Ini Mengeluarkan Suara Keras seperti Pesawat

Mengejutkan, Ikan Kecil Ini Mengeluarkan Suara Keras seperti Pesawat

Teknologi | sindonews | Kamis, 29 Februari 2024 - 10:00
share

Misteri suara keras yang dihasilkan ikan jantan Danionella cerebrum, yang panjangnya kurang dari setengah inci, akhirnya terungkap. Ikan kecil asal Myanmar ini menghasilkan suara lebih dari 140 desibel. Setara dengan suara kembang api, gajah , atau mesin jet yang lepas landas.

Ikan Danionella cerebrum yang unik ini hidup di sungai-sungai yang mengalir di pegunungan Bago Yoma, Myanmar. Ikan ini memiliki otak terkecil dari semua vertebrata di Bumi. Ikan-ikan tersebut transparan dan tidak memiliki tengkorak, sehingga para peneliti dapat dengan mudah melihat dan mengakses jaringan otak. Tetapi saat mempelajari otak ikan-ikan tersebut di laboratorium, tim peneliti di Jerman baru-baru ini memutuskan untuk menyelidiki kebisingan yang berasal dari tangki-tangki tempat ikan tersebut berada.

Orang-orang berjalan melewati tangki ikan dan mereka bisa mendengar suara-suara itu dan bertanya-tanya dari mana asalnya, kata salah satu penulis studi, Verity Cook, ahli neurosains di Universitas Charit di Jerman dilansir dari Smithsonianmag, Kamis (29/2/2024).

Untuk mencari tahu bagaimana ikan sekecil itu bisa membuat suara begitu keras, para ilmuwan menempatkan kelompok tiga hingga empat ikan di dalam tangki. Kemudian, saat D. cerebrum berenang, para peneliti merekam video berkecepatan tinggi, seperti yang mereka jelaskan dalam sebuah makalah baru yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Setelah menganalisis rekaman, para peneliti menemukan ikan tersebut membuat suara dengan kantong renang. Sebuah otot khusus menarik salah satu tulang rusuk ikan tersebut ke arah sepotong tulang rawan dengan cekungan. Kemudian, ketika ikan melepaskan tulang rusuk, tulang tersebut bertabrakan dengan kantong renang untuk membuat suara yang keras.

Tim juga mempelajari gen-gen ikan tersebut dan menemukan bahwa otot khusus untuk menarik tulang rusuk memiliki daya tahan yang lebih baik daripada otot-otot lainnya, sehingga dapat berdenyut dengan cepat untuk waktu yang lama. Otot yang tahan terhadap kelelahan ini memungkinkan ikan untuk membuat banyak suara perkusi yang cepat berturut-turut.

"Ada tegangan yang terbangun dalam kontraksi ini. Ketika itu dilepaskan dengan sangat cepat, tulang rusuk menabrak kantong renang, yang menghasilkan suara drum," kata Cook.

Hanya ikan jantan yang membuat suara drum dan sepertinya tubuh mereka telah berevolusi untuk dapat melakukannya. Tulang rusuk yang membuat suara tersebut lebih besar dan lebih kaku pada jantan daripada pada betina.

Ikan lain juga membuat suara keras dengan menggunakan kantong renang, termasuk ikan drum hitam saat kawin, yang membuat heboh karena membuat warga Florida sulit tidur. Dan ikan midshipman jantan membuat panggilan kawin yang berdengung dan bisa mencapai 130 desibel.

Namun, panggilan 140 desibel dari ikan D. cerebrum sangat keras untuk ukuran mereka yang kecil. Meskipun tim menemukan bagaimana ikan kecil ini membuat suara begitu keras, mereka masih tidak tahu pasti mengapa mereka melakukannya. Tetapi mereka memiliki beberapa teori. Kemungkinan ikan membuat suara untuk saling menemukan di perairan keruh. Atau, mungkin, karena hanya jantan yang membuat suara, itu dimaksudkan untuk membantu menarik pasangan atau memperingatkan jantan lain untuk menjauh.

"Kami tahu bahwa ketika Anda memiliki sekitar delapan jantan bersama dalam tangki besar, maka tiga di antaranya akan mendominasi produksi suara dan yang lainnya akan diam. Jadi, kami pikir ada beberapa jenis hirarki," kata Cook.

Ikan D. cerebrum memiliki sejarah mengejutkan para peneliti. Pada tahun 2021, para ahli neurosains yang telah mempelajari ikan tersebut di laboratorium menyadari bahwa mereka telah bekerja dengan spesies yang tidak bernama dan tidak teridentifikasi. Jadi, mereka memberinya namayang mencerminkan pentingnya ikan tersebut bagi bidang neurosains. Nama spesiesnya, cerebrum, mengacu pada bagian terbesar dari otak.

"Pada penampilan luar, mereka terlihat sangat mirip dengan spesies-spesies Danionella lainnya, dan hanya dengan mempelajari kerangka mereka kami menyadari bahwa para ahli neurofisiologi sebenarnya mungkin bekerja dengan spesies baru, yang belum pernah dideskripsikan sebelumnya," kata Kevin Conway, iktiolog di Universitas Texas A&M.

Topik Menarik