Tanda-Tanda Kiamat Kian Dekat? Kromosom Y Manusia Mulai Menghilang

Tanda-Tanda Kiamat Kian Dekat? Kromosom Y Manusia Mulai Menghilang

Teknologi | sindonews | Kamis, 29 Februari 2024 - 08:31
share

Para ilmuwan mencatat fenomena baru yang mengkhawatirkan, yaitu menyusutnya jumlah kromosom Y. Penentuan jenis kelamin manusia saat lahir ditentukan oleh kromosom yang dimiliki bayi. Seorang perempuan memiliki dua kromosom X, sedangkan seorang laki-laki memiliki satu kromosom X dan satu kromosom Y.

Kromosom Y bertanggung jawab dalam memulai perkembangan laki-laki, membawa sekitar 55 gen dibandingkan dengan kromosom X yang memiliki 900 gen. Artinya, jika penyusutan kromosom Y terus terjadi, maka akan lebih banyak anak perempuan ketimbang anak laki-laki yang lahir.

Di sisi lain, berabad-abad lalu Rasulullah SAW menyebut bahwa salah satu tanda kiamat adalah jumlah wanita lebih banyak ketimbang pria.

"Sesungguhnya di antara tanda-tanda hari kiamat, ilmu (agama) diangkat dan tinggallah kejahilan (kebodohan), khamr diminum, zina marak di mana-mana, kaum laki-laki menjadi sedikit dan tinggalah kaum wanita, sampai seorang laki-laki menafkahi dan menanggung 50 orang wanita." (HR Bukhari dan Muslim).

Laman The Conversation melaporkan, telah terjadi banyak perubahan pada kromosom Y selama bertahun-tahun. Kromosom seks manusia awalnya adalah sepasang kromosom XY biasa, sebuah karakteristik yang masih diamati pada burung dan reptil. Bahkan pada mamalia monotremata, seperti platipus dan echidna, kromosom XY adalah hal yang biasa.

Dalam 166 juta tahun terakhir, kromosom Y manusia telah kehilangan sebagian besar dari 1.600 gennya dengan laju hampir 10 per juta tahun. Dengan kecepatan ini, kromosom Y diperkirakan akan lenyap dalam sekitar 4,5 juta tahun.

Meskipun reproduksi akan sulit terjadi jika tidak ada lagi laki-laki, 4,5 juta tahun adalah waktu yang lama. Karena kita diakui sebagai manusia selama kurang dari 100.000 tahun, jadi tidak perlu khawatir. Selain itu, ada banyak skenario potensial di mana spesies manusia kemungkinan akan mengalami kepunahan jauh sebelum kromosom Y menghilang.

Dilansir dari Geo.tv, Kamis (28/2/2024), potensi kepunahan kromosom Y, yang bertanggung jawab atas perkembangan bayi laki-laki, memicu rasa ingin tahu ilmiah dan spekulasi tentang masa depan evolusi manusia.

Profesor Jenny Graves membuat analogi dengan platipus, menyoroti evolusi kromosom Y selama 166 juta tahun, kehilangan gen aktif dengan laju sekitar lima gen per juta tahun. Dengan kecepatan ini, kromosom tersebut bisa lenyap sepenuhnya dalam 11 juta tahun. Meskipun bukan krisis di depan mata, perdebatan tentang umur hidup kromosom Y berkisar dari beberapa ribu tahun hingga tak terbatas.

Dalam menguji kasus di keluarga rodentia, di mana dua cabang kehilangan kromosom Y, para peneliti menemukan solusi untuk penentuan jenis kelamin. Tikus tanah di Eropa Timur dan tikus duri di Jepang beradaptasi dengan gen penentu jenis kelamin alternatif, memperlihatkan potensi spesies untuk berevolusi tanpa kromosom Y.

Dalam konteks evolusi manusia, kemungkinan berevolusi menjadi gen penentu jenis kelamin baru membawa kabar gembira sekaligus tantangan. Profesor Graves mengajukan pertanyaan tentang risiko yang terlibat, seperti kemungkinan munculnya sistem penentuan jenis kelamin yang berbeda menyebabkan pemisahan spesies manusia.

Spekulasi tersebut memicu pertimbangan tentang lanskap evolusi manusia di masa depan, mengakui ketidakpastian dan kemungkinan yang ada, termasuk dampak potensial pada populasi manusia yang terglobalisasi dan terkoneksi. Peran yang berkembang dari kromosom Y memicu refleksi tentang lintasan genetika manusia dan prospek menarik dari babak baru dalam penentuan jenis kelamin .

Topik Menarik