Fosil Cakar Kepiting Raksasa Ditemukan di Selandia Baru

Fosil Cakar Kepiting Raksasa Ditemukan di Selandia Baru

Teknologi | sindonews | Rabu, 28 Februari 2024 - 18:05
share

Fosil cakar raksasa yang baru ditemukan di Selandia Baru telah membuka peluang baru bagi para ilmuwan untuk mempelajari evolusi kepiting.

BACA JUGA -Nelayan Temukan Kepiting Punya Gigi seperti Manusia

Seperti dilansir dari IFL Science, cakar ini, yang merupakan bagian dari spesies kepiting baru yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Berukuran sangat besar dan kuat, menunjukkan bahwa kepiting ini mungkin merupakan nenek moyang dari Kepiting Raksasa Selatan yang ada saat ini, yang dapat mencapai berat lebih dari 12 kilogram.

Fosil ini ditemukan di pantai Waitoetoe di Pulau Utara Selandia Baru dan berasal dari Formasi Urenui Miosen bagian atas di Cekungan Taranaki, yang berusia sekitar 8,8 juta tahun. Letusan Pusat Vulkanik Mohakatino pada masa itu menciptakan lingkungan paleo yang unik, memungkinkan fosil ini terawetkan dengan sangat baik.

Terkuburnya fosil dalam sedimen dan material vulkanik telah membantu menjaga bentuk dan detailnya, memberikan informasi berharga bagi para ilmuwan tentang anatomi dan ekologi kepiting purba ini.

Penemuan ini menandakan pertama kalinya fosil kepiting jenis ini ditemukan di wilayah yang sekarang menjadi Selandia Baru, menunjukkan bahwa hewan-hewan ini hidup di laut dalam pada masa itu.

Tim peneliti yang menemukan fosil ini telah menamakannya Pseudocarcinus karlraubenheimeri, untuk menghormati Karl Raubenheimer dari New Plymouth, Selandia Baru, yang menemukan dan menyumbangkan spesimen tersebut.

Penemuan cakar fosil raksasa ini merupakan langkah penting dalam memahami evolusi kepiting dan memberikan wawasan baru tentang kehidupan laut di Selandia Baru jutaan tahun lalu.

Topik Menarik