Berisik Suara Nyamuk Terbang di Dekat Telinga, Ternyata Ini Alasannya secara Ilmiah

Berisik Suara Nyamuk Terbang di Dekat Telinga, Ternyata Ini Alasannya secara Ilmiah

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 04:00
share

JAKARTA, celebrities.id - Suara nyamuk berdengung di telinga seringkali membuat bising. Ternyata ada alasannya secara ilmiah.

Dengungan nyamuk di dekat telinga ini merupakan gerakan kepak sayapnya, lho!

Dikutip dari ScienceABC, baik nyamuk jantan dan betina, keduanya tetap terbang dan berdengung saat ingin berpindah tempat. Perbedaannya, nyamuk betina lebih membutuhkan darah manusia untuk dapat menghasilkan telur.

Tercatat, dari 3.000 spesies nyamuk yang telah ditemukan, tidak ada satu pun nyamuk jantan yang menghisap darah manusia. Ada beberapa alasan mengapa nyamuk senang mengganggu telinga manusia.

Alasan Nyamuk Senang Terbang di Telinga

Salah satu penyebabnya karena tubuh yang berkeringat sehingga lebih banyak mengeluarkan panas dan karbon dioksida. Hal ini selaras dengan penjelasan Profesor Entomologi University of Arizona Michael Riehle yang mengatakan bahwa nyamuk mengincar suhu panas tubuh dan karbon dioksida yang keluar di sekitar kepala manusia. Nyamuk akan menggunakan sensor rasa di kakinya untuk menentukan apakah manusia atau hewan lain yang menjadi targetnya cukup sebagai sumber makanan.

"Karbondioksida merangsang nyamuk betina untuk mulai mencari inang, terbang bolak-balik untuk memgikuti gradien konsemtrasi kembali ke sumbernya," kata Riehle seperti dikutip dari Live Science.

Dia juga mengatakan bahwa alasan lain mengapa nyamuk suka mendekat karena bau dari manusia itu sendiri. Kulit manusia punya aroma unik yang akan lebih menarik dari beberapa nyamuk.

Saat terbang di sekitar telinga, nyamuk mengepakkan sayapnya sekitar 500 kali per detik dengan frekuensi 450 sampai 500 Hz. Suara ini cukup mengganggu bagi manusia. Meskipun mereka mondar-mandir di sekitar telinga, nyamuk sama sekali tidak tertarik dengan kepala. Dan nyamuk cenderung mengincar kaki manusia karena adanya bakteri yang mengeluarkan aroma kesukaan nyamuk.

Artikel ini sebelumnya sudah tayang di www.okezone.com
https://techno.okezone.com/amp/2023/06/02/56/2824252/tahukah-kamu-kenapa-nyamuk-sering-terbang-di-dekat-telinga

Topik Menarik