Chat WhatsApp yang Telah Terkirim Masih Bisa Diubah, Cara Edit Pesan WA Mudah

Chat WhatsApp yang Telah Terkirim Masih Bisa Diubah, Cara Edit Pesan WA Mudah

Teknologi | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 07:44
share

FAJAR.CO.ID Tak perlu panik lagi, ketika melakukan kekeliruan atau kesalahan saat mengirimkan pesan atau chat ke seseorang melalui aplikasi WhatsApp. Apalagi bila seseorang yang dikirimi pesan tersebut terbilang orang penting.

Kini, pesan yang telah terkirim masih bisa diubah. Cara edit pesan WA yang sudah terkirim pun mudah.

Akhir-akhir ini, pembicaraan mengenai pesan atau chat via WhatsApp yang masih bisa diubah setelah terkirim ramai di media sosial. Salah satu akun yang membicarakan soal pesan WA yang masih bisa diedit setelah pesan terkirim adalah akun Instagram @tanyakanrl.

Salah seorang pengikut akun menyebut pesan atau chat WA yang telah terkirim masih bisa diedit. Follower akun tersebut menyertakan hasil tangkapan layar yang memperlihatkan hasil editan pesan setelah terkirim.

Chat WA yang masih bisa diedit meskipun telah terkirim bukanlah hoaks. Kelebihan tersebut merupakan fitur bawaan aplikasi yang kini digunakan jutaan pengguna di dunia. Aplikasi WhatsApp baru-baru ini merilis fitur baru tersebut.

Meta yang merupakan perusahaan induk Facebook dan WhatsApp telah mengumumkan fitur bawaan baru itu pada 22 Mei lalu.

Cara edit chat WA yang sudah telanjur terkirim sangat mudah. Cara mengubah pesan hampir sama dengan memberikan jawaban pada chat tertentu.

Cara edit pesan WA juga hampir sama prosesnya bila kita ingin menghapus pesan yang sudah telanjur dikirim dalam durasi waktu tertentu.

Cara edit chat WhatsApp yang sudah terkirim yakni:

  1. Buka ruang obrolan/chat pribadi atau grup pada aplikasi WhatsApp
  2. Ketiklah pesan atau chat seperti biasa kepada seseorang yang ingin kita temani mengobrol
  3. Klik dan tahan kotak atau bubble pesan hingga muncul beberapa pilihan berturut-turut dari atas ke bawah yakni, Beri Bintang, Balas, Teruskan, Salin, Edit, Info, dan Hapus
  4. Pilihlah fitur Edit dengan ikon pensil pada kolom obrolan yang ingin kita ubah
  5. Ganti kata atau chat yang terdapat kekeliruan di dalam obrolan tersebut.
    Bagi pengguna aplikasi WhatsApp dengan iOS, letaknya di dalam pop menu, sedangkan aplikasi WA Android terletak di ikon tiga titik.
  6. Terakhir, kirim chat atau pesan yang telah diedit ke seseorang yang telah kamu kirimi pesan sebelumnya.

Bagaimana? tidak ada lagi kepanikan gara-gara salah ketik pesan atau chat di WhatsApp, bukan?

Tapi ingat, fitur edit pesan ini punya durasi waktu tertentu. Sama dengan fitur hapus pesan di grup atau obrolan pribadi yang sudah telanjur dikirim.

Pesan atau chat yang sudah terkirim masih bisa diedit atau diubah setelah 15 menit terkirim. Lewat dari durasi waktu itu, kamu tidak bisa lagi mengutak-atik chat WA yang sudah terkirim.

Pesan atau chat yang telah diedit juga meninggalkan jejak. Di bubble chat pesan yang telah diedit, bakal muncul label diedit. Dengan label tersebut, pengguna lain sebagai penerima chat bisa mengetahui bahwa pesan yang dikirim pengguna telah diedit. (fajar)