Perbaiki Masalah Bug, Android 14 Beta 1.1 Diluncurkan

Perbaiki Masalah Bug, Android 14 Beta 1.1 Diluncurkan

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 27 April 2023 - 11:15
share

IDXChannel - Google telah merilis sistem operasi Android 14 Beta 1 beberapa pekan lalu.

Kini Google memperbaruinya menjadi versi Android 14 Beta 1.1 untuk memperbaiki sejumlah bug pada aplikasi maupun sistem ponsel, mulai dari masalah aplikasi Wallpaper & Style, sensor sidik jari, layar kunci, hingga kartu SIM.

Dalam catatan perbaikannya, Android 14 versi beta ini telah memperbaiki sistem antarmuka yang sempat macet ketika mengakses layar Wallpaper & Style. Sebelumnya masalah ini terjadi ketika pengguna membukanya melalui Pengaturan ponsel atau melalui layar utama.

Kemudian ada lagi masalah lain pada bilah status ponsel yang sebelumnya tidak menampilkan jaringan seluler. Kemudian dalan beberapa momen, kartu SIM atau eSIM yang digunakan pada perangkat tidak terdeteksi sama sekali oleh sistem, seperti dikutip dari PhoneArena, Kamis (27/4/2023).

Pembaruan Android 14 Beta 1.1 ini baru tersedia secara terbatas untuk pengguna Google Pixel 4a 5G, 5, 5a, 6, 6 Pro, 6a, 7, dan 7 Pro. Karena masih bersifat beta atau uji coba, artinya sistem operasi masih belum sepenuhnya stabil. Ada kemungkinan terjadi sejumlah masalah kecil pada performa yang ditampilkannya. Hal ini masih berpotensi terjadi sampai nantinya versi final dirilis.

Versi terbaru ini sudah tersedia dengan ukuran 7 MB dan dapat diperiksa melalui Pengaturan, kemudian masuk ke Sistem, dan pilih Pembaruan Sistem. Apabila pengguna telah terdaftar dalam program beta, maka peringatan pembaruan ini akan otomatis diterima.

Pengguna juga bisa mengakses g.co/androidbeta untuk mendaftarkan ponsel Pixel miliknya ke program versi beta. Perangkat yang didaftarkan juga harus sesuai dengan ketentuan agar dapat menerima pembaruan otomatis setiap kali ada update sistem.

Google membawa sejumlah fitur baru pada Android 14. Misalnya, desain antarmuka semakin dimaksimalkan dengan sistem navigasi gestur yang memudahkan pengguna berpindah aplikasi. Berbagi foto dan video juga makin mudah karena sistem share sheet akan menentukan target secara langsung.

Google sebelumnya juga sempat menyatakan bahwa segera memperluas Android 14 versi beta ke beberapa perangkat lain bulan Mei mendatang. Kemudian pada Juni nanti akan ada rilis Stabilitas Platform yang menandakan Android 14 yang lebih stabil.

(DKH)