Notif Ganggu Memori Internal Penuh, Nih Cara Menghilangkan Notifikasi Memori Internal Hampir Habis

Notif Ganggu Memori Internal Penuh, Nih Cara Menghilangkan Notifikasi Memori Internal Hampir Habis

Teknologi | BuddyKu | Jum'at, 24 Maret 2023 - 16:55
share

Saat Anda memiliki ponsel canggih, tetapi mengalami masalah ruang penyimpanan internal yang hampir habis, rasanya sungguh menjengkelkan. Terlebih lagi, ketika Anda sedang asyik-asyiknya mendownload sesuatu, tiba-tiba muncul notifikasi tersebut. Namun, berbeda dengan notifikasi pesan, menggeser notifikasi tersebut tidak akan membuatnya hilang. Lalu bagaimana cara menghilangkan notifikasi memori internal hampir habis tersebut.

Jika Anda mengalami hal ini, jangan khawatir. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini dan kembali menikmati pengalaman menggunakan ponsel Anda. Yang pertama dan paling mudah adalah dengan menyembunyikan notifikasi tersebut. Namun, ini bukan solusi jangka panjang, karena notifikasi tersebut pasti akan muncul lagi.

Solusi yang lebih tepat adalah mengatasi akar permasalahannya. Ponsel Anda kehabisan memori internal. Hal ini sering terjadi pada ponsel dengan kapasitas memori internal 16GB atau kurang, tetapi tidak menutup kemungkinan ponsel dengan kapasitas memori internal yang lebih besar juga mengalami hal serupa. Setidaknya, semua ponsel dengan sistem operasi Android memerlukan setidaknya 500MB-1GB ruang internal yang kosong agar dapat berfungsi dengan normal.

Cara Menghilangkan Notifikasi Memori Internal Hampir Habis

Pesan error yang muncul di ponsel mengenai memori penyimpanan internal yang hampir penuh memang dapat sangat menjengkelkan. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa solusi cara menghilangkan notifikasi memori internal hampir habis.

Cara pertama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan cache pada ponsel. Caranya, buka menu Settings dan pilih Storage. Cari opsi Cached Data dan tekan OK saat diminta untuk menghapus data cache.

Namun, perlu dicatat bahwa menghapus cache hanya akan menghapus file sementara di perangkat Anda. Hal tersebut tidak akan menghapus data penting apapun.

Untuk ponsel yang menjalankan Android 8.0 Oreo atau versi terbaru, Google telah menghapus opsi untuk menghapus cache perangkat. Namun, Anda masih bisa menghapus cache satu per satu untuk setiap aplikasi yang diinstal.

Cara kedua adalah dengan menghapus data yang tidak penting. Jika Anda sering menggunakan aplikasi chat atau sosial media seperti WhatsApp, kemungkinan besar ponsel Anda akan menyimpan banyak video, foto, dan file lainnya dari chat atau grup. Jika demikian, sebaiknya hapus file-file tersebut secara teratur.

Untuk melakukan hal ini, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti File Explorer untuk membuka folder dan subfolder seperti Media, Audio, Video, dll, lalu hapus data yang tidak penting atau simpan pada PC jika ada. Periksa juga folder Unduhan/Download, biasanya di folder tersebut akan ada banyak file yang tidak digunakan.

Cara ketiga adalah dengan beralih ke aplikasi versi lite atau go. Jika Anda memiliki perangkat dengan penyimpanan internal 16GB atau kurang dari itu, sebaiknya mencoba beralih ke versi aplikasi lite atau go. Sebagian besar aplikasi populer sekarang memiliki versi lite yang memiliki ukuran lebih kecil dibanding versi utamanya.

Dengan menerapkan ketiga cara ini, Anda dapat mengatasi pesan error tentang memori penyimpanan internal yang hampir penuh di ponsel Anda. Selamat mencoba!

Topik Menarik