Spesifikasi Tank Abrams AS yang Akan Dikirim ke Medan Perang di Ukraina

Spesifikasi Tank Abrams AS yang Akan Dikirim ke Medan Perang di Ukraina

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 26 Januari 2023 - 17:26
share

JAKARTA, iNews.id - Ukraina akan menerima 31 unit tank M1 Abrams dari Amerika Serikat (AS) sebagai bentuk pertahanan dari serangan Rusia. Bersamaan dengan itu, AS juga akan memberikan suku cadang dan peralatan yang diperlukan agar tank-tank tetap dalam kondisi prima di medan perang. Tak hanya itu, AS juga siapkan pelatihan untuk hal-hal terkait tank Abrams untuk pasukan Ukraina dalam waktu dekat.

Tank Abrams disebut sebagai tank yang paling mumpuni di dunia. Kendaraan tempur ini terbilang berbeda dari lainnya karena menggunakan bahan bakar jet untuk bergerak.

Tank Abrams memiliki berat hampir 70 ton dan menjadi salah satu yang terberat di dunia. Tank tersebut memiliki daya tembak dan kemampuan manuver yang luar biasa.

Kendaraan ini diklaim kebal terhadap serangan musuh karena terlindungi oleh lapisan baja komposit Chobham. Tank Abrams dapat menjangkau medan perang sejauh 265 mil serta memiliki kecepatan 42 mil per jam.

Daya tampung tank Abrams empat orang, yang terdiri atas komandan, pengemudi, penembak dan pengisi peluru. Hal yang paling menarik dari kendaraan tempur ini adalah sistem canggih yang dimilikinya, yakni dilengkapi sistem pelacak posisi atau lokasi secara otomatis tanpa menugaskan awak kendaraan.

Tank ini sudah dikembangkan selama Perang Dingin. Armada ini diciptakan sebagai pengganti tank M60 Angkatan Darat yang dinilai terlalu tua untuk ukuran tank modern.

Tank Abrams juga dilengkapi dengan dua senapan mesin 7,62 mm, salah satunya koaksial dan lainnya dipasang di atas palka penembak. Selain itu juga senapan mesin 12,7 mm yang dipasang di atas palka komandan. Tank ini ditenagai mesin turbin yang setara dengan 1.500 tenaga kuda.

Tank Abrams dapat memberikan mobilitas, daya tembak, dan efek kejut yang diperlukan untuk mengeksploitasi titik lemah di garis musuh dan mengejar terobosan ofensif.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berterima kasih kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden melalui Twitter. Ia mengungkapkan, kehadiran tank Abrams adalah suatu langkah menuju kemenangan.

Topik Menarik