Google Meet Luncurkan Fitur Speaker Notes, Begini Cara Kerjanya

Google Meet Luncurkan Fitur Speaker Notes, Begini Cara Kerjanya

Teknologi | BuddyKu | Senin, 16 Januari 2023 - 16:06
share

JAKARTA, celebrities.id - Google meluncurkan sebuah fitur untuk mempresentasikan Google Slides langsung di Google Meet pada Oktober 2022.

Fitur Google Slides tersebut memungkinkan pengguna untuk terlibat dengan audiens mereka semua dalam satu layar dengan menghadirkan slides dari Meet.

Menariknya, saat ini, para pengguna juga bisa melihat speaker notes atau catatan pembicara mereka di dalam Google Meet.

Cara kerjanya, ketika mempresentasikan slide di Google Meet, pengguna bisa mengklik tombol speaker notes baru yang terletak di bilah kontrol slide, untuk menampilkan speaker notes dalam panggilan.

Adanya fitur tersebut akan membantu host untuk menampilkan konten mereka dengan percaya diri, dan bisa terlibat dengan audiens mereka tanpa harus beralih antara catatan dan slide.

Seperti yang dikutip dari gadgetsnow, Google telah memperjelas bahwa fitur tersebut tidak memiliki kontrol admin apa pun, dan tidak tersedia untuk pengguna dengan akun Google pribadi, Google Workspace Essentials, Business Starter, Education Fundamentals, Frontline, serta pelanggan lama G Suite Basic dan Business.

Fitur tersebut tersedia untuk pelanggan Google Workspace Business Standard , Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Education Standard, Enterprise Plus, Education Plus, Teaching and Learning Upgrade, dan Nonprofit.

Sementarauntuk pengguna lain, mereka bisa memilih presentasikan tab di meet, pilih presentasi Google Slide, dan klik tombol speakers notes apda kontrol di pojok bawah presentasi.

Aplikasi Google sendiri saat ini tengah dioptimalkan untuk ponsel lipat dan tablet. Semetnara itu, Google pun mengumumkan pengoptimalan aplikasi ruang kerjanya, seperti Google Dokumen, Spreadsheet dan Slide untuk tablet dan ponsel lipat.

Tidak hanya itu Google juga meluncurkan teks dan gambar drag and drop yang mudah dari Google Slides ke Android Lainnya. Kemudian, Google juga mengumumkan akan memperbarui 20+ aplikasi Google agar berfungsi lebih baik di tablet dan ponsel lipat.

Kabarnya, pembaruan tersebut akan dilakukan secara bertahap dan secepat mungkin. Namun, estimasi waktu untuk pembaruan tersebut yakni sekira 15 hari.