Pertalite Kok Gak Turun Harga, Apa Alasannya?

Pertalite Kok Gak Turun Harga, Apa Alasannya?

Teknologi | uzone.id | Rabu, 4 Januari 2023 - 09:00
share

Uzone.id - Pertamina telah menurunkan harga BBM jenis Pertamax (RON 92), Pertamax Turbo (RON 98), Dexlite (Cetane Number 51) dan Pertamina Dex (Cetane Number 53) di awal Januari 2023.Namun, harga Pertalite (RON 90) masih bertahan di harga Rp10.000 per liter, alias tidak turun.

Harga minyak dunia yang mengalami penurunan berdampak pada turunnya harga BBM di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), termasuk SPBU milik swasta, yakni Vivo dan BP AKR pun telah menurunkan harga BBM.

Harga Pertalite yang tidak diutak-atik sama Pertamina meskipun jenis BBM yang lain telah turun harga.

Lalu, berapa sih harga Pertalite sesungguhnya?

Menteri BUMN Erick Tohir sudah buka-bukaan mengenai harga Pertalite sebenarnya.Menurutnya, harga Pertalite jika tidak disubsidi Pemerintah berada di angka Rp11.100 per liter untuk saat ini.

"Pertalite itu yang harga dunianya masih tinggi, sementara harga jual kita masih Rp 10 ribu per liter. Itu masih dibantu pemerintah Rp1.100 (per liter)," kata Erick Thohir dalam pernyataan resminya di Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Pertamina menjual Pertalite di harga Rp10.000 per liter sejak September 2022 atau naik dari Rp7.650 per liter.

Berikut harga baru BBM yang dijual Pertamina di seluruh kawasan Indonesia:

1. Aceh, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur:

2. Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka-Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kaliantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat:

3. Maluku dan Maluku Utara:

4. Papua:

5. Papua Barat:

Topik Menarik