Walanae Fest, Aksi Nyata ICRAF Laporkan Hasil Riset 38 Peneliti Muda di Bone

Walanae Fest, Aksi Nyata ICRAF Laporkan Hasil Riset 38 Peneliti Muda di Bone

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 1 Desember 2022 - 13:55
share

PORTALMEDIA. ID, MAKASSAR- Festival Walanae atau Walanae Fest, yang digelar hari ini di Nipah Mal Makassar, Kamis, 1 Desember 2022, ajang dimana hasil riset 38 peneliti muda dipublikasikan melalui talk show, pameran dan sejumlah kegiatan lainnya.

Koordinator Project The International Centre for Research in Agroforestry (Icraf) , Muh Syahrir, mengatakan selama tiga bulan menjalani inkubasi melalui program Inkubator Peneliti Muda Lanskap (IPML), 38 peneliti muda yang tergabung dalam program tersebut akan berbagi Ilmu dan pengalaman di Walanae Fest.

"Para peneliti muda ini akan berbagi ilmu dan pengalaman-pengalaman selama meneliti di 12 desa sejak Juli di Kabupaten Bone terkait dengan pengelolaan lahan dan perubahan iklim di sepanjang DAS Walanae, " kata Syahrir Rabu malam, (30/11/2022).

Lanjutnya, melalui program ini, ICRAF mencoba memperkenalkan konsep baru dalam kerja-kerja penelitian. Dimana kegiatan riset tidak cuma sekedar berakhir pada laporan tertulis di atas kertas saja.

"Kami mencoba mengaplikasikan penelitian ini melalui kerja aksi. Bukan cuma sekedar laporan tertulis, tapi melalui festival, pameran dan dialog diskusi, agar lebih mudah dicerna

Selain itu ke depan, setelah data-data hasil penelitian oleh peneliti muda rampung, ICRAF juga akan melapor hasil penelitian tersebut kepada warga atau petani yang menjadi lokus penelitian. Termasuk kata pihak Pemda Bone.

" Jadi tidak berakhir disitu, hasil penelitian nanti akan kami laporkan ke masyarakat, akan kita kembalikan ke masyarakat dan pemerintah untuk dijadikan rujukan dalam mengeluarkan kebijakan yang tepat mengatasi perubahan iklim yang dirasakan masyarakat, "katanya.

Ketua Walanae Fest, Muh Ali Hafid, mengatakan, para peneliti muda yang tergabung di program IPML ini akan memamerkan temuan mereka di 12 desa lokus sepanjang DAS Walanae, di Kabupaten Bone.

Walanae Fest ini akan diisi oleh talkshow, yang menghadirkan para peneliti muda, yang akan bercerita tentang pengalamannya selama berada di lapangan, di 12 desa ini.

"Kami juga mengundang perwakilan dari 12 Desa ini, dari pemerintah setempat dan kelompok tani," kata Ali, yang didampingi para peneliti muda ICRAF lainnya.

Di Walanae Fest tersebut juga akan menampilkan sejumlah komoditi unggulan dari 12 desa lokus. Adapula pameran foto, pemutaran film pendek, games, dan panggung ekspresi.

Topik Menarik