Dota 2 Tak Bisa Diakses di Iran, Buntut Kerusuhan yang Melanda

Dota 2 Tak Bisa Diakses di Iran, Buntut Kerusuhan yang Melanda

Teknologi | BuddyKu | Senin, 3 Oktober 2022 - 15:16
share

Iran dilaporkan telah melarang game Dota 2 per 30 September 2022 buntut dari kerusuhan yang sedang melanda negara tersebut akibat protes dan perbedaan pendapat antara rakyat dengan pemerintah yang berkuasa.

Setelah dua minggu protes dan kerusuhan, Dota 2 dan beberapa judul game lainnya dilaporkan tak bisa diakses lagi. Kabar ini pertama kali disampaikan oleh Kamyab Tizr , seorang filmmaker , fotografer, sekaligus pemain Dota 2 , lewat postingan Twitter pribadi miliknya.

kamyab Tizr

Larangan ini muncul setelah dua minggu protes yang awalnya dipicu oleh pembunuhan wanita berusia 22 tahun, Mahsa Amini. Mahsa Amini dianggap telah melanggar aturan hijab dan aturan berpakaian ketat di negara tersebut. Pembunuhan tersebut memicu gelombang protes dan kerusuhan yang melanda seluruh Iran.

Rezim otoriter Iran langsung bergerak untuk menindak pertemuan publik dan menutup fungsi obrolan yang ada di layanan pesan dan media sosial untuk menahan dan menekan berita tentang masalah negara, serta memutuskan komunikasi dengan dunia luar. Dota 2 menjadi salah satu game yang di- banned karena memiliki fungsi obrolan tersebut.

Kamyab Tizr Sampaikan Pesan Pemain Dota di Iran

subreddit dota 2

Meski bisa membahayakan dirinya, Kamyab Tizr tetap melaporkan kondisi negaranya lewat Dota 2 subreddit yang berjudul my death letter (probably) . Dalam postingan tersebut, Kamyab Tizr mengumumkan bahwa dia akan memainkan satu game Dota 2 lagi sebelum pergi untuk mengambil bagian dalam protes.

Kamyab Tizr mengunggah dua pembaruan pada pos tersebut, termasuk kabar mengenai pelarangan Dota 2 di negara Iran. Di pos lainnya, Kamyab Tizr memberikan update mengenai perjuangan orang Iran setiap harinya dalam upaya mengambil kembali Iran yang kita miliki 40 tahun lalu.

Melihat apa yang terjadi dengan negara Iran termasuk keputusan rezim pemerintah yang menutup akses Dota 2 dan beberapa judul game lainnya-, bisa disimpulkan bahwa negara tersebut sedang tidak baik-baik saja. Postingan Kamyab Tizr pun sedikit banyak telah menjelaskan bagaimana kondisi terkini dari negaranya tersebut.

Mari kita doakan agar negara Iran bisa kembali kondusif seperti sedia kala, dan para gamers di negara tersebut bisa memainkan game favorit mereka tanpa perlu khawatir mendapatkan ancaman dari pihak yang berkuasa.


Dapatkan berita gaming dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, film, anime, dan lainnya hanya di UP Station.

Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungiUniPin! Proses cepat dan harga murah!

Pastikan untuk mengikuti perkembangan terbaru dan berita gaming lainnya di akun sosial media kami:
Facebook :UP Station Indonesia
YouTube :Upstation Media
Twitter :@Upstationmedia
Instagram :@upstation.media

YukgabungdigrupDiscord kami!
Discord :UniPin Official Community

Topik Menarik