Loading...
Loading…
5 Perbedaan Tower of Fantasy dan Genshin Impact, Siapa Bilang Mirip?

5 Perbedaan Tower of Fantasy dan Genshin Impact, Siapa Bilang Mirip?

Powered by BuddyKu
Teknologi | UpStation | Sabtu, 01 Oktober 2022 - 14:13

Tower of Fantasy yang telah rilis secara global beberapa waktu lalu, langsung booming dalam waktu singkat. Tapi dibalik kejayaannya pasca rilis, tak sedikit gamer yang membandingkan Tower of Fantasy dengan Genshin Impact .

Memang secara kasat mata, keduanya tampak mirip sekali. Mulai dari cara bertarungnya, desain dunianya, hingga gaya visualnya. Bahkan, gamer Genshin di Indonesia yang tampak gatal dengan kehadiran game tersebut, sempat membanjiri Tower of Fantasy di Play Store dengan rating buruk. Langkah yang memang tak senonoh.

Tapi dibalik segala kontroversi yang menyelimuti game tersebut, pertanyannya: Semirip itukah Tower of Fantasy dengan Genshin Impact ? Di artikel kali ini kami akan membuktikan kalau keduanya merupakan game yang berbeda.

1. Character Creation

Tower-of-Fantasy-Character-Customization

Satu hal yang pasti langsung disadari ketika bermain Tower of Fantasy untuk kali pertama adalah fitur Character Creation. Ini merupakan fitur yang absen di Genshin Impact , sekaligus menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi Tower of Fantasy .

Pasalnya, para developer yang bekerja di balik game ini tak asal-asalan memasukkan sistem ini. Sejauh kami mencicipi Tower of Fantasy , sistem Character Creation -nya detail sekali.

Bahkan, tak sedikit gamer yang berusaha mereplika karakter dari sebuah anime, untuk dijadikan karakter yang digunakan di game ini. Tak percaya? Kamu bisa cek kompillasi videonya yang beredar di YouTube.

Kalau kamu termasuk gamer yang sangat suka membuat karakter sendiri, kami jamin kamu akan betah berlama-lama di mode ini. Saat kamu selesai meracik desain karaktermu di awal permainan, kamu juga bisa mengedit desain karaktermu di tengah permainan dengan membayar sebanyak 100 Dark Crystal saja.

Dark Cystal merupakan salah satu mata uang yang ada di dalam game ini. Untuk mendapatkannya, cukup rajin-rajin menjalankan quest dan misi sampingan, atau bisa top-up di sini kalau tak mau repot.

2. Gacha Karakter dan Senjata

Untitled design(172)

Sistem karakter yang ada di kedua game sebenarnya mirip-mirip, tapi implementasinya agak sedikit berbeda. Genshin Impact mengandalkan sistem gatcha , di mana kamu bisa menggunakan berbagai macam karakter lain dengan kemampuan yang berbeda-beda, contohnya seperti Cyno dan Venti.

Sedangkan di Tower of Fantasy juga mengandalkan sistem gacha yang sama, tapi hanya fokus di senjata saja. Melalui senjata ini, kamu juga bisa menggunakan skin karakter lain yang menempel di tiap senjata, namun khusus untuk tipe SR dan SSR saja. Desain karakternya juga tidak kalah dengan Genshin, dengan gaya khas anime yang waifu-able sekali.

Kamu juga tidak perlu bingung menentukan mana senjata terbaik di game ini, karena kami sudah membuatkan guide -nya. Apabila kamu lebih menyukai desain karakter buatanmu sendiri, skin yang menempel dengan senjata tersebut bisa kamu nonaktifkan.

3. RPG dan MMO

Untitled design(173)

Salah satu pembeda paling besar dari kedua game ini adalah dari segi genrenya sendiri. Sekilas, keduanya mengandalkan gaya bermain hack n slash dan open world yang mirip.

Namun Genshin Impact lebih fokus ke sisi RPG single player , yang dipadukan dengan mode co-op . Ini berdampak ke sisi cerita yang lebih kental dari kompetitornya. Jika ingin bermain bersama teman, maka kamu bisa masuk ke mode co-op yang bisa diisi hingga 4 pemain agar bisa menjalankan misi bersama-sama.

Sedangkan Tower of Fantasy lebih menonjolkan sisi multiplayer -nya dan lebih terasa seperti game MMO. Di dalamnya kamu bisa membentuk guild , bertarung bersama puluhan pemain lain melawan World Boss, melakukan chatting di chatbox, bertarung dengan pemain lain, hingga bermain di server yang berbeda.

Selain itu, karena genrenya yang MMO, game ini menawarkan lebih banyak aktivitas, sehingga kamu tidak akan mudah bosan saat memainkannya.

4. Gaya Bertarung yang Berbeda

Untitled design(174)

Gaya bertarung dari kedua game juga cukup berbeda. Genshin Impact memiliki fitur Auto Lock yang langsung mengunci target musuh yang memudahkan pemain untuk melepas serangan. Sedangkan di Tower of Fantasy , kamu bisa menyerang musuh dengan lebih leluasa dan efektif karena tidak ada mode tersebut.

Penggunaan combo kedua game juga agak berbeda. Di Genshin , kamu bisa menggunakan 3 karakter sekaligus dengan elemen berbeda, yang bisa ditukar sesekali dalam pertarungan. Kamu akan lebih sering menggunakan serangan biasa sambil sesekali melepaskan Burst dan Skill Elemental.

Sedangkan di Tower of Fantasy , kamu akan lebih sering menggunakan serangan spesial di sini, sebab senjata yang sedang tak dipakai akan otomatis melakukan charge . Ketika bar charge -nya penuh, kamu bisa melakukan serangan combo sambil bertukar ke senjata 2.

Selain itu, pembeda utama dari kedua game adalah Genshin Impact menganut sistem elemen yang punya efek berbeda-beda ke lawan. Elemen yang hadir sejauh ini adalah Pyro ( fire ), Geo ( earth ), Dendro ( nature ), Cryo ( ice ), Electro ( lightning ), Anemo ( wind ), dan Hydro ( water ).

5. Kendaran Lebih Beragam

Untitled design(175)

Variasi kendaraan jadi salah satu keunggulan Tower of Fantasy ketimbang sang kompetitor. Sejauh ini, Genshin hanya memiliki 1 moda transportasi: Waverider, sebuah kapal untuk bermanuver di perairan.

Sedangkan di Tower of Fantasy , ada banyak sekali jenis kendaraan yang bisa kamu dapatkan, dan hampir semuanya dapat berjalan di wilayah darat. Ini jadi keuntungan yang cukup besar, terutama untuk kamu yang mageran .

Beberapa kendaraan yang bisa kamu temukan seperti Falcon, 2613, Chaser, Omnium Beast VII, dan masih banyak lagi. Perlu diingat, fungsi kendaraan di game ini punya satu kelemahan, yaitu tidak dapat bermanuver di atas air.

***

Itulah beberapa perbedaan antara game Tower of Fantasy dan Genshin Impact . Meski tampak mirip, namun keduanya adalah game yang cukup berbeda. Satu hal terakhir yang mungkin membuat Genshin Impact sedikit unggul adalah kehadiran anime yang akan hadir sebentar lagi. Tapi, bukan berarti Tower of Fantasy tak bisa mengikuti jejak yang sama, kan?

Lantas, mana yang lebih baik? Semua kembali ke selera masing-masing. Tapi yang jelas, kamu bisa membeli beragam item dari game Genshin Impact dan Tower of Fantasy dengan mudah dan aman satu tempat yang sama, yaitu di UniPin. Lagi ada promo menarik, loh!


Dapatkan berita gaming dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, film, anime, dan lainnya hanya di UP Station.

Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungiUniPin! Proses cepat dan harga murah!

Pastikan untuk mengikuti perkembangan terbaru dan berita gaming lainnya di akun sosial media kami:
Facebook:UP Station Indonesia
YouTube:Upstation Media
Twitter:@upstationmedia
Instagram:@upstation.media

Yuk gabung di grup Discord kami!
Discord:UniPin Official Community

Original Source

Topik Menarik

{