Loading...
Loading…
Huawei Cloud Gaet Mitra Lokal Bangun Ekosistem Digital di Indonesia

Huawei Cloud Gaet Mitra Lokal Bangun Ekosistem Digital di Indonesia

Teknologi | katadata.co.id | Jumat, 30 September 2022 - 15:47

Perusahaan teknologi asal Cina, Huawei Cloud, mengumumkan rencana peluncuran Region baru di Indonesia pada tahun ini. Region ini akan hadir dengan arsitektur 3AZ DR yang telah mengantongi sertifikat level-6 dari Institut Pemulihan Bencana Internasional ( Disaster Recovery Institute International atau DRI).

Secara bersamaan, Huawei akan meluncurkan lebih dari 60 layanan cloud baru di bidang e-commerce , platform video pendek, game online, serta asuransi dan keuangan.

Di Indonesia, Huawei Cloud bekerja sama dengan para mitra lokal untuk membangun sebuah ekosistem digital dari inovasi dan kesuksesan bersama.

President Global Marketing and Sales Service Huawei Cloud Jacqueline Shi mengumumkan bahwa Huawei Cloud akan menerapkan strategi global terbarunya yakni "Everything as a Service" di Indonesia.

Ia menegaskan bahwa Huawei Cloud akan menggenjot pelaksanaan strategi Everything as a Service ini untuk mendorong transformasi digital di sektor bisnis lokal. Untuk mendukung mitra dan perusahaan rintisan melalui Infrastructure as a Service (Infrastruktur sebagai Layanan), Technology as a Service (Teknologi sebagai Layanan), dan Expertise as a Service (Keahlian sebagai Layanan).

CEO Huawei Indonesia Jacky Chen menegaskan komitmen "In Indonesia, For Indonesia" (Di Indonesia, Untuk Indonesia) dalam paparannya.

Huawei Cloud juga akan meningkatkan investasinya di pasar Indonesia. Dengan bekal optimistis bahwa lebih banyak lembaga pemerintahan, institusi keuangan, perusahaan energi, perusahaan pengangkutan (carrier), dan platform e-commerce akan memutuskan bekerja sama dengan Huawei Cloud.

Presiden Huawei Cloud APAC Zeng Xingyun mengumumkan rencana peluncuran Region Indonesia di tahun ini akan berbarengan dengan sejumlah program pemasaran dan inisiatif industri.

Dia mengatakan Huawei bakal meningkatkan infrastruktur native cloud, sehingga peluncuran layanan bisa lebih cepat dan otomatis bagi pelanggan Internet lokal.

Huawei Cloud melayani berbagai lembaga pemerintah, institusi keuangan, perusahaan telekomunikasi, dan perusahaan-perusahaan besar lainnya di Asia Pasifik.

Huawei Cloud juga tengah membangun platform AI untuk kelautan nasional di Indonesia melalui kerja sama dengan mitra lokal. Platform ini akan menyederhanakan sektor perikanan Indonesia untuk menyediakan layanan digital yang berkelanjutan bagi 2 juta nelayan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) berbagi bagaimana mereka mendorong ekonomi digital lokal melalui adopsi cloud.

Kepala Departemen Riset Sektor Jasa Keuangan OJK Inka Yusgiantoro mengatakan adopsi teknologi cloud merupakan pedang bermata dua yang membawa peluang sekaligus risiko.

Menurutnya, mempromosikan kepercayaan sangat penting. Strategi utama untuk mempercepat transformasi digital dan mengatasi risiko siber adalah dengan mendorong lebih banyak kolaborasi antara lembaga pemerintah, lembaga keuangan, dan penyedia teknologi.

Ketika dunia digital menjadi semakin saling terhubung, aturan dan kebijakan bersama perlu ditetapkan untuk mengatasi masalah yang muncul, kata Inka. Dan mendorong interoperabilitas dalam ekosistem keuangan di Indonesia.

Ketua Mastel Sarwoto Atmosutarno menjelaskan bahwa pusat data Huawei Cloud di Indonesia akan menyediakan sumber daya infrastruktur cloud yang kuat. Untuk menerapkan teknologi mutakhir seperti Big Data Analitik dan AI, yang mengintegrasikan industri telekomunikasi dengan ekonomi digital, katanya.

Original Source

Topik Menarik

{