Loading...
Loading…
Musuh Speaker dan Telinga! Apa Yang Membuat Meme Ear Rape Lucu?

Musuh Speaker dan Telinga! Apa Yang Membuat Meme Ear Rape Lucu?

Powered by BuddyKu
Teknologi | Nawalakarsa | Jumat, 29 Juli 2022 - 10:21

Selera humor Internet modern memang semakin aneh. Banyak humor absurd yang berhasil mengundang tawa. Salah satunya adalah format meme yang telah melegenda, ear rape.

Biasa berbentuk video , format meme tersebut senantiasa menghantui timeline media sosial, siap untuk merusak headphone dan telinga anda.

Sebenarnya format meme tersebut memiliki sejarah yang menarik lho ! Dan apa yang membuatnya lucu? Yuk simak penjelasannya!

Sebelumnya, Apa Itu Ear Rape?

Mengutip dari situs Know Your Meme , ear rape adalah sebuah format audio maupun video dengan suara yang sangat keras, terdistorsi, dan bersifat mengganggu.

Tujuan dari meme ini adalah untuk memberi rasa syok kepada para mangsa. Ear rape juga biasa menemani format meme lainnya yang bersifat mengganggu seperti jumpscare .

Meme ini memang lahir dengan tujuan jahil, namun ternyata tidak sedikit pengguna internet yang merasa bahwa format meme tersebut sangat lucu.

Tidak sedikit juga pengguna internet yang merasa terganggu dengan meme ini. Meski begitu, ear rape tetap menjadi salah satu format meme paling populer di internet.

Bermula Dari Avril Lavigne

Potret Avril Lavigne
Potret Avril Lavigne, figur yang memulai tren meme ear rape

Pada tanggal 31 Jui 2005 silam, seorang pengguna situs YTMND bernama FelixFX mengunggah sebuah klip audio dari penyanyi ternama Avril Lavigne.

Klip tersebut berisi Avril Lavigne yang sedang menyanyikan lagu Chop Suey karya System of a Down.

Unggahan tersebut bertajuk I think something just raped my ears. (sepertinya sesuatu telah merusak telingaku).

Klip ini menyandang gelar sebagai pengguna kata ear rape pertama di sebuah konten internet, meskipun klip audionya sendiri tidak seperti meme ear rape modern umumnya.

Populer Berkat YTP

Apakah anda masih ingat dengan YTP? YTP adalah singkatan dari YouTube Poop , sebuah format video humoris yang populer di situs berbagi video YouTube .

YTP bisa berupa hasil edit dari video YouTube yang telah ada ataupun kreasi orisinal, format ini menjadi salah satu format meme terpopuler di internet pada masanya.

Nah , Ternyata YTP berperan besar dalam mempopulerkan format meme ini. Ear rape sering menjadi senjata humor YTP dengan meme lainnya seperti jumpscare .

Ear Rape Tetap Populer

American Psycho Film Patrick Bateman
Format meme yang sering dijadikan bahan ear rape | American Psycho Columbia TriStar Film Distributors International Bret Easton Ellis

Meskipun YTP sudah tidak sepopuler dulu, seperti banyak meme lain pada masanya seperti Shiba Inu , popularitas earrape tidak ikut pudar dengan jaman.

Ear rape mencapai puncak popularitas di tahun 2015 bersamaan dengan jokes absurd lainnya seperti deepfry .

Meme tersebuttetap populer hingga saat ini, tersebar di berbagai situs jejaring sosial untuk menjahili sang mangsa.

Sebenarnya, Apa Yang Membuat Meme Ini Lucu?

Nyaring, terdistorsi, dan mengganggu. Ketiga kata tersebut cukup untuk menjelaskan dasar dari meme ini . Lalu, jika sifatnya mengganggu, kenapa meme ini masih populer?

Meskipun jawabannya akan bergantung pada selera humor NawaReaders , popularitas meme ini menandakan selera humor internet yang semakin absurd .

Prinsip dasar dari earrape dan meme lainnya seperti jumpscare dan berbagai macam efek sura yang aneh adalah Nyaring = lucu. Tentunya, prinsip tersebut tidak masuk di nalar.

Tapi, jika suara terdistorsi yang sangat nyaring lengkap dengan suara efek vine boom cukup untuk mengundang tawa, apa boleh buat?

Begini Cara Buatnya!

Tampilan Audacity
Tampilan Audacity | Sumber: Fix The Photo

Tertarik untuk membuat meme Ear Rape ? Caranya ternyata mudah lho ! Pertama, siapkan program edit audio alias Digital Audio Workspace seperti Audacity atau LMMS.

Lalu siapkan file audio yang ingin anda jadikan ear rape , import file audio tersebut ke program audio anda.

Terakhir, buat volume audio anda sekeras mungkin dan tambahkan efek distortion yang cukup. Selamat, anda telah membuat meme perusak telinga!

Original Source

Topik Menarik