Kominfo Segera Surati Google Bila Belum Mendaftar Sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik

Kominfo Segera Surati Google Bila Belum Mendaftar Sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik

Teknologi | BuddyKu | Rabu, 20 Juli 2022 - 21:29
share

JAKARTA, iNewsTTU.id--Produk Layanan Google terancam terkena sanksi apabila belum juga mendaftarkan perusahaannya hingga hari ini. Rabu (20/07/2022).

Produk layanan Google sangatlah penting bagi pengguna internet, mulai dari mesin pencarian, mesin pemutar video, mesin maps dan lain sebagainya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan memberlakukan sanksi bagi perusahaan penyedia platform digital, baik dalam dan luar negeri, yang tidak mendaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE). Sanksi akan mulai diterapkan besok, Kamis (21/07/2022).

Dikutip dari MNC Portal Indonesia, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo menjelaskan, sanksi yang diberikan diawal berupa surat teguran.

Dari 21 (Juli) besok kita sudah mulai kasih surat, paling tidak itu sudah mulai karena kita sebenarnya membuat kemudahan dan kita harapkan masyarakat benar-benar membangun trust, ucap Samuel Abrijani Pangerapan.

Samuel menambahkan, pemerintah tidak akan langsung memblokir perusahaan yang belum mendaftar sebagai PSE. Jika sampai ada PSE yang diputus aksesnya karena belum mendaftar, menurutnya sanksi ini bersifat sementara.

Samuel mengatakan, pemerintah berkomitmen memantau lalu lintas setiap platform digital yang belum mendaftar hingga batas waktu terakhir.

Kita punya kemampuan untuk melihat traffic-nya berapa banyak aplikasi yang berada di Indonesia. Jadi terkait sanksi tahapannya yaitu teguran tertulis (peringatan) kemudian ada sanksi denda dan yang terakhir adalah pemutusan akses sementara, pungkasnya.

Topik Menarik