Mampukah Timnas Esports Indonesia Penuhi Target Emas SEA Games?

Mampukah Timnas Esports Indonesia Penuhi Target Emas SEA Games?

Teknologi | upstation.asia | Kamis, 12 Mei 2022 - 05:00
share

SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam , semakin dekat, dan artinya seluruh atlet Indonesia akan bertarung melawan atlet dari negara Asia Tenggara lainnya. Lambang Garuda di dada harus diterbangkan setinggi-tingginya untuk mendulang emas, termasuk oleh atlet esports kita.

Ya, untuk pertama kalinya cabang esports akan dipertandingkan di SEA Games sebagai cabang yang bisa menyumbang emas, tak hanya sekadar eksibisi seperti edisi sebelumnya. Emas yang didapatkan dari cabang esports bisa membantu Indonesia meraih gelar Juara Umum di SEA Games Hanoi.

Timnas esports Indonesia sendiri mendapatkan target yang cukup berat di SEA Games 2021. Mereka dituntut mendapatkan 5 medali emas untuk mengobati luka SEA Games 2019 yang harus pulang tanpa satu pun emas di tangan.

Sayangnya, belum sempat berangkat cabang esports sudah harus menghadapi masalah. Pemotongan jumlah atlet dari tim Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membuat divisi yang berangkat juga ikut terpotong, dari yang sebelumnya 10 divisi berkurang menjadi hanya 6 divisi.

ibnu riza

Meski demikian, Ibnu Riza selaku Ketua Timnas Esports mengatakan bahwa tidak ada perubahan target emas untuk cabang esports di SEA Games 2021 nanti. Dirinya yakin divisi pilihan Kemenpora mampu memenuhi target 5 medali emas.

Tidak mengubah target dengan tidak diberangkatkannya nomor pertandingan tersebut dan yang memang diberangkatkan itu menurut tim review Kemenpora sangat berpotensi emas, ujar Ibnu Riza kepada UP Station.

Timnas esports Indonesia pun menyisakan divisi Cross Fire,FIFA , Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile (Individu dan Tim), dan Free Fire . Jelas 5 medali emas hanya dari 6 divisi merupakan target yang cukup berat.

Apa yang membuat Ibnu Riza serta tim Kemenpora begitu yakin cabang esports mampu memenuhi target tersebut? Mari kita analisis lebih dalam!

Persiapan Lebih Matang Dibandingkan Edisi Sebelumnya

Jika dilihat dari Pelatnas SEA Games untuk cabang esports , UP Station sepertinya memahami mengapa pihak Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) dan Kemenpora begitu yakin cabang esports mampu mendulang emas sebanyak-banyaknya.

Persiapan yang lebih matang menjadi alasan optimisme itu meningkat. Mulai dari pemilihan coach yang terbuka untuk siapapun (termasuk WNA), pemilihan player yang dilakukan sesuai kebutuhan coach , serta lokasi Pelatnas yang mendukung keluarnya seluruh potensi calon player .

Ya, Pelatnas Esports dilaksanakan sebanyak dua tahap dan belokasi di Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Tim UP Station yang berkesempatan untuk mengunjungi lokasi Pelatnas pun mengakui bahwa fasilitas yang diberikan sangat istimewa dan nyaman.

Tak hanya itu, player yang terpilih juga bukan nama-nama asing di setiap divisinya. Mereka ada player dengan jam terbang yang tinggi serta banyak prestasi yang sudah diraih.

Mari kita bedah satu per satu mengenai peluang tim esports dari masing-masing divisi dalam mendulang emas di SEA Games 2021:

1. Cross Fire

Untuk para penggemar esports di Indonesia, bisa dikatakan Cross Fire adalah game paling jarang didengar kiprahnya di dunia esports , baik dalam maupun luar negeri. Cross Fire adalah game FPS yang ramai dimainkan ketika Warung Internet (Warnet) sedang ramai digandrungi.

Namun, bukan berarti divisi ini tak memiliki peluang meraih emas. Ada alasan tersendiri di balik tetap diberangkatkannya tim Cross Fire ke Vietnam: Kekuatan lawan yang pasti di bawah tim Indonesia.

Tim Cross Fire yang dilatih oleh BerserkD yang juga tergabung dalam tim Dewa United ini berpeluang besar membawa pulang emas ke Indonesia.

2. FIFA Online 4

Di divisi FIFA Online 4 , Indonesia mengeluarkan seluruh pemain terbaiknya. Tentu kita tak asing dengan nama Rizky Faidan, Pugu Muhajid, Aziz Muhammad, dan Mohammad Ega (Eggsy) yang sudah malang melintang di turnamen international mewakili Indonesia.

Rizky Faidan adalah bocah ajaib yang pernah bergabung dengan tim esports ternama Thailand, sementara Eggsy dan Aziz adalah andalan bagi masing-masing timnya, yakni RRQ dan Dewa United.

Melihat line up yang begitu Dewa, sepertinya kita tak perlu mengkhawatirkan divisi FIFA Online 4 dan meyakini bahwa 4 punggawanya mampu membawa pulang emas.

3. Free Fire

Indonesia memiliki catatan bagus di kancah internasional Free Fire dengan beberapa kali menjuarai turnamen-turnamen besar seperti FFWS. Tak heran jika divisi Free Fire Indonesia cukup diunggulkan di SEA Games kali ini.

Daftar player yang turun di ajang ini pun merupakan andalan di masing-masing timnya, contohnya adalah RRQ Kazu yang dipimpin oleh Legaeloth yang sangat berpengalaman di kompetitif Free Fire Indonesia.

4. PUBG Mobile

Divisi PUBG Mobile SEA Games 2021 Hanoi diisi oleh para pemain bintang yang sudah dikenal oleh penggemar PUBG Mobile Indonesia. Jelas ini merupakan angin segar bagi Indonesia untuk mendulang emas dari divisi ini.

Sayangnya, scene PUBG Mobile di Asia Tenggara juga semakin berkembang. Terlihat dari hasil PMGC tahun lalu di mana tim Thailand dan Vietnam menempati klasemen akhir lebih tinggi dibandingkan tim Indonesia.

Tim PUBG Mobile Indonesia akan menemui tembok yang cukup tinggi untuk mendapatkan emas. Namun, kita tak boleh pesimis dan harus percaya kepada player-player pilihan yang akan membawa nama Indonesia.

5. Mobile Legends: Bang Bang

Sama seperti PUBG Mobile , tim MLBB juga akan menghadapi rintangan yang tak mudah di SEA Games kali ini. Terutama dari tim Filipina yang membuat Indonesia hanya meraih medali perak di SEA Games 2019.

Namun, ada optimisme besar yang menyertai tim MLBB Indonesia. Dengan 7 pemain yang telah berpengalaman di turnamen kompetitif internasional, asa meraih emas itu masih terbuka lebar.

***

Dilihat dari komposisi pemain masing-masing divisi, UP Station ikut optimis bahwa Indonesia mampu membawa pulang 5 dari 6 kemungkinan medali emas, bahkan lebih yakin jika tim Indonesia akan sapu bersih di cabang ini.

Tugas kita sebagai pendukung serta rakyat Indonesia yang nasionalisme adalah mendukung sepenuhnya tim esports Indonesia di SEA Games 2021. Jangan lupa gaungkan #EMASUNTUKINDONESIA dan #INDOPRIDE untuk membuktikan siapa yang terbaik di Asia Tenggara!


Dapatkan berita gaming dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, film, anime, dan lainnya hanya di UP Station.

Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungiUniPin! Proses cepat dan harga murah!

Pastikan untuk mengikuti perkembangan terbaru dan berita gaming lainnya di akun sosial media kami:
Facebook :UP Station Indonesia
YouTube :Upstation Media
Twitter :@Upstationmedia
Instagram :@upstation.media

YukgabungdigrupDiscord kami!
Discord :UniPin Official Community

Topik Menarik