Loading...
Loading…
Kominfo Tegaskan Tidak Pernah Lakukan Peretasan Akun Sosmed Mahasiswa

Kominfo Tegaskan Tidak Pernah Lakukan Peretasan Akun Sosmed Mahasiswa

Powered by sindonews
Teknologi | Sindonews | Selasa, 12 April 2022 - 11:26

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate membantah dugaan peretasan akun media sosial beberapa pimpinan organisasi mahasiswa menjelang aksi demonstrasi di depan DPR, Senin (11/4) kemarin.

"Pemerintah tidak pernah melakukan peretasan. Tidak ada peretasan. Tapi yang harus kita tahu bahwa serangan siber itu setiap detik terjadi. Sehingga kita masing-masing harus menjaga agar ruang digital kita terjaga dengan baik, termasuk di dalamnya enkripsi harus dijaga," tandasnya.

Menteri Johnny menjelaskan, setiap pengguna platform media sosial mempunyai one-time password (OTP) yang bisa digunakan untuk melindungi akun.

Oleh karena itu, Menkominfo mengimbau agar setiap orang sering mengganti password guna menghindari peretasan. "Jangan sampai terjadi hal-hal seperti itu (peretasan akun media sosial). Kemudian setiap kali ada serangan-serangan (siber) dituduhkan kepada pemerintah, apalagi dalam agenda atau event seperti begini," ujarnya.

Menkominfo menegaskan tugas dan peran Pemerintah khususnya Kementerian Kominfo untuk menjaga ruang digital tetap kondusif dan sehat.

Sebut Aksi Demo 11 April Berjalan Lancar, BEM SI: Aspirasi Tersampaikan

"Saya menjaga betul komitmen terhadap kebebasan pers, ekspresi pendapat, kebebasan menyampaikan pendapat, kebebasan berbicara itu dijaga dengan baik," tuturnya.

Menurut Menteri Johnny, demonstrasi atau aksi menyampaikan pendapat merupakan salah satu kanal aspirasi masyarakat.

Original Source

Topik Menarik

{