8 Game Esport yang Dipertandingkan di SEA Games 2021

8 Game Esport yang Dipertandingkan di SEA Games 2021

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 7 April 2022 - 14:51
share

TERDAPAT delapan game esport yang dipertandingkan di SEA Games 2021. Semua game tersebut tentunya sudah akrab dimainkan para gamers di Indonesia.

Esports akan jadi salah satu cabang yang dipertandingkan di SEA Games 2021pada tanggal 12- 23 Mei 2022. CabangEsports sejatinya sudah resmi dimulai sejak ajang Sea Games 2019 di Filipina lalu. Sementara dalam Asian Games 2018 kategori Esports baru sebatas eksibisi atau belum dipertandingkan.

Pada Sea Games Vietnam nanti ada 10 medali emas akan diperebutkan di ajang Esports. Sementar di gelaran sebelumnya Indonesia gagal meraih medali emas, dan harus puas dengan dua medali perak.

Lebih lanjut, terdapat delapan game yang akan dipertandingkan dengan sepuluh nomor yang berbeda. Game yang dipertandingkan terdiri dari Mobile Legends, PUBG Mobile (Team), PUBG Mobile (Solo), Free Fire, Arena of Valor, Wild Rift (putra), Wild Rift (putri), League of Legends, FIFA Online 4, dan Cross Fire.

Daftar Game Esport di SEA Games 2021

1. Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends Bang Bang (MLBB) merupakan salah satu game Esport yang sudah dipertandingkan di SEA Games 2019. Sehingga ini jadi yang kedua kalinya bagi MLBB akan dipertandingkan di SEA Games.

Pada tahun 2019 Indonesia berhasil meraih medali perak dari game ini. Sementara medali emas diraih oleh tim Filipina dan medali perunggu diraih oleh tim Malaysia.

2. League of Legends: Wild Rift (Mobile)

Game ini baru dipertandingkan untuk pertama kalinya dalam ajang SEA Games. Informasi resmi SEA Games mengumumkan terdapat kategori untuk tim putra dan tim putri yang dapat diperebutkan untuk game ini.

3. Arena of Valor

Game Arena of Valor sudah pernah dipertandingkan di SEA Games 2019 sehingga ini akan menjadi yang kedua kalinya dipertandingkan untuk SEA Games.

Dalam SEA Games 2019 di Filipina yang lalu tim Indonesia berhasil meraih medali perak dari Arena of Valor. Sementara medali emas dan perunggu direbut oleh tim Thailand dan Vietnam.

Anggota tim Indonesia yang meraih perak terdiri dari Farhan Akbari Ardiansyah, Gilang Dwi Falah, Hartanto Lius, Hartawan Muliadi, dan Satria Adi Wiratama.

4. PUBG Mobile

Game PUBG Mobile jadi salah satu game Esports battle royale yang akan dipertandingkan di SEA Games Vietnam. PUBG Mobile akan dipertandingkan untuk pertama kalinya di SEA Games nanti.

Khusus untuk PUBG Mobile akan dibagi dua kompetisi yaitu khusus individu dan tim. Sehingga sama seperti League of Legends: Wild Rift, akan ada dua medali emas yang akan diperebutkan untuk game ini.

5. Free Fire

Free Fire menjadi game Esports genre battle royale game selanjutnya yang akan dipertandingkan di SEA Games.Indonesia sendiri menjadi salah satu negara dengan komunitas Free Fire terbesar di dunia.

Free Fire menjadi mobile game yang paling banyak diunduh di tahun 2019. Pada Agustus 2021 Free Fire mencetak rekor dengan lebih dari 150 juta pengguna aktif secara global.

6. League of Legends

Game League of Legends versi PC ini akan pertama kali dipertandingkan di SEA Games. Sementara dalam ajang SEA Games sebelumnya game MOBA yang dipertandingkan adalah Dota 2.

League of Legends diketahui sebagai game multiplayer online battle arena versi PC yang dikembangkan oleh Riot Games.

7. Crossfire (PC)

Game Crossfire menjadi satu-satunya game genre First Person Shooting (FPS) di SEA Games Vietnam. Crossfire menjadi salah satu game paling populer di Tiongkok dan Korea Selatan.

Genre game ini disebut juga salah satu game yang sangat populer di Vietnam. Sehingga wajar bila Crossfire terpilih sebagai salah satu game yang dipertandingkan mengingat tuan rumah SEA Games nantinya adalah Vietnam.

8. FIFA Online 4

FIFA Online 4 (F04) cukup unik karena ini menjadi satu-satunya game genre olahraga yang dipertandingkan di SEA Games. Beberapa pihak menyatakan, secara konsep semua game sepak bola memang sama dengan versi konsol, namun ada beberapa META dan fitur yang harus dipelajari khususnya dalam game FIFA Online 4.

Topik Menarik