Loading...
Loading…
5 Cara Cek RAM Laptop Windows, Lewat Control Panel hingga BIOS

5 Cara Cek RAM Laptop Windows, Lewat Control Panel hingga BIOS

Teknologi | okezone | Jumat, 11 Maret 2022 - 16:16

JAKARTA - Cara cek RAM laptop Windows terbilang cukup beragam, di antaranya ada lima yang bisa pengguna coba, mulai dari lewat Control Panel hingga BIOS.

RAM sendiri, merupakan singkatan dari Random Access Memory. Komponen ini, berfungsi sebagai media penyimpanan sementara saat Anda membuka berbagai macam aplikasi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima cara cek RAM laptop Windows, mulai dari lewat Control Panel hingga BIOS:

1. Control Panel

Anda dapat masuk ke bagian Control Panel. Klik pada bagian System and Security jangan lupa klik System. Nanti akan muncul informasi seputar RAM dan berbagai informasi lainnya termasuk prosesor serta sistem operasi Windows yang digunakan.

2. DXDIAG

Ini merupakan cara termudah untuk mengetahui berapa kapasitas RAM pada laptop Anda. Pertama, ketik kata DXDIAG pada kolom search. Setelah keluar, di situlah Anda dapat melihat kapasitas RAM dari Laptop Anda.

3. CPU Z

Bagi Anda yang belum tahu, CPU-Z adalah aplikasi yang dapat menampilkan spesifikasi laptop termasuk di dalam kapasitas RAM. Anda dapat mendownload serta install CPU-Z, kemudian buka aplikasinya. Ada Kolom Tab Memory untuk mengetahui info mengenai RAM, klik Tab SPD kemudian Memory Selection.

Baca Juga :
Cara Cek VGA dengan Lima Langkah Paling Mudah Tidak Pakai Ribet

4. Speecy

Selain CPU-Z, Anda dapat menggunakan aplikasi Speecy. Aplikasi ini dapat mengecek kondisi RAM yang ada. Apakah RAM tersebut bagus atau ada kerusakan di dalamnya. Jika ada kerusakan, aplikasi ini akan mendeteksinya.

Anda bisa mendownload serta memasang aplikasinya.Buka aplikasinya, maka Anda sudah dapat langsung melihat informasi mengenai laptop Anda.

5. BIOS

Melalui aplikasi ini, Anda juga dapat mengetahui spesifikasi laptop. Kapasitas RAM juga dapat dilihat dari BIOS. Adapun langkah-langkah mengecek RAM lewat BIOS sebagai berikut, masuk ke BIOS, setiap laptop memiliki cara nya tersendiri untuk masuk ke BIOS. Pilihlah menu System Information. Terakhir, pilih Number of RAM Slots agar terlihat kapasitas RAM.

Itulah lima cara cek RAM laptop Windows, mulai dari lewat Control Panel hingga BIOS.

Original Source

Topik Menarik