Game EA Sports Hapus Timnas Rusia dari FIFA 22

Game EA Sports Hapus Timnas Rusia dari FIFA 22

Teknologi | inewsid | Kamis, 3 Maret 2022 - 16:14
share

JAKARTA, iNews.id - Penerbit game Electronic Arts (EA) Sports akan menghapus tim nasional Rusia dan semua tim Rusia lain dari FIFA 22. Ini sebagai sanksi karena negara yang dipimpin Vladimir Putin tersebut telah melakukan serangan terhadap Ukraina.

Dalam cuitan di media sosial Twitter, Electronic Arts menyebut keputusannya ini sebagai bentuk solidaritas perusahaan kepada Ukraina yang saat ini tengah digempur habis-habisan. Di mana banyak pecinta sepak bola yang menyerukan perdamaian.

"EA Sports berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Ukraina dan seperti banyak suara di dunia sepak bola, menyerukan perdamaian dan diakhirinya invasi ke Ukraina," tulis Electronic Arts seperti dikutip dari BBC, Kamis (3/2/2022).

"EA Sports telah memulai proses untuk menghapus tim nasional Rusia dan semua klub Rusia dari produk EA Sports FIFA termasuk FIFA 22 , Fifa Mobile, dan FIFA online. Kami juga secara aktif mengevaluasi perubahan terkait ke area lain dari game kami," katanya.

Ukraina sendiri telah meminta industri video game untuk ikut membantu memukul mundur Rusia dari Tanah Air mereka. Permohonan ini dilayangkan Wakil Perdana Menteri Ukraina, Mykhailo Fedorov lewat berbagai media sosial.

Tak lama berselang setelah Mykhailo memohon bantuan, sejumlah pengembang game mulai tergerak. Mereka memberikan donasi yang disalurkan baik ke organisasi kemanusiaan maupun langsung ke angkatan perang.

Salah satunya adalah CD Projekt Red, yang merupakan pengembang game Cyberpunk 2077. Perusahaan berjanji mengirim bantuan sekitar 243.000 dolar AS atau sekitar Rp 3,4 miliar.

Pengembang game di Ukraina sendiri, juga tidak ketinggalan turut memberikan bantuan untuk negaranya, yakni 4A Games. Perusahaan menyebut akan mengirimkan sumbangan langsung ke rekening angkatan bersenjata Ukraina

Topik Menarik