7 Alasan Mengapa Free Fire Lebih Buruk dari PUBG Mobile!

7 Alasan Mengapa Free Fire Lebih Buruk dari PUBG Mobile!

Teknologi | upstation.asia | Senin, 28 Februari 2022 - 13:58
share

Di antara banyaknya pilihan game dengan genre battle royale untuk platform mobile , bisa dibilang PUBG Mobile dan Free Fire adalah dua game yang memiliki pasar terbesar, khususnya di Indonesia.

Kedua game tersebut memiliki basis pemain dan fans yang sama besarnya. Akibatnya, adu mulut antara dua fandom pun terjadi karena merasa game mereka lebih baik dari kompetitornya.

Tapi jika dibandingkan secara objektif, sebenarnya mana yang lebih bagus di antara dua game ini?

Alasan Free Fire Lebih Buruk dari PUBG Mobile

Berdasarkan kacamata UP Station, sebenarnya PUBG Mobile memiliki beberapa keunggulan jika harus dibandingkan dengan Free Fire . Selain yang kelihatan mata seperti masalah grafik, ada beberapa alasan lainnya.

Inilah beberapa alasan mengapa Free Fire dianggap lebih buruk dari PUBG Mobile !

1. Grafik Burik

free-fire-vs-pubg-mobile-1

Tanpa perlu dijelaskan panjang lebar, mayoritas gamer akan sepakat kalau grafik yang dimiliki oleh PUBG Mobile jauh lebih baik dibandingkan Free Fire .

PUBG Mobile memiliki grafik yang realistis dengan detail yang patut diacungi jempol. Karakter, senjata, kendaraan, hingga peta memiliki tingkat kedetailan yang tinggi.

Di sisi lain, Free Fire memiliki grafik yang sebenarnya tidak buruk-buruk amat. Hanya saja, kesan realistis gagal ditampilkan sehingga kita seperti memainkan game kartun. Ingat satu hal, game ini tidak memiliki pintu!

2. System Requirements yang Ternyata Tidak Kecil-Kecil Amat

free-fire-lebih-buruk-dari-pubg-mobile-2

Dengan grafik yang dimiliki, tentu orang akan berharap kalau system requirement yang dibutuhkan Free Fire tidak sebesar PUBG Mobile . Ternyata, tidak beda jauh.

RAM yang dibutuhkan oleh Free Fire sama-sama 1 GB, dengan rekomendasi setidaknya 2 GB. Storage yang dibutuhkan pun sekitar 600-700MB. Untuk sistem operasi, Free Fire bisa dimainkan pada Android versi 4.1 ke atas atau iOS 8.0 ke atas.

3. Cuma 50 Pemain dan Petanya Sedikit

free-fire-vs-pubg-mobile-2

PUBG Mobile menyediakan game di mana 100 orang pemain bisa bermain dalam satu waktu yang sama. Mereka harus bisa bertahan hidup hingga menjadi one man/team last standing . Peta yang dimiliki pun secara otomatis cukup besar.

Free Fire hanya bisa dimainkan oleh 50 pemain dalam satu permainan. Tidak ada pilihan peta yang besar agar gameplay bisa lebih panjang, berbeda dengan PUBG Mobile yang memiliki opsi peta kecil dengan jumlah pemain lebih sedikit.

Dengan sedikitnya pemain dan peta yang kecil, satu game Free Fire hanya berlangsung antara 10 sampai 15 menit. Satu game di PUBG Mobile bisa berlangsung hingga 30 menit!

4. Pilihan Senjata yang Lebih Sedikit

free-fire-lebih-buruk-dari-pubg-mobile-4

Sebagai game yang lebih realistis, PUBG Mobile memiliki sekitar 40 pilihan senjata. Kategorinya pun macam-macam, mulai assault rifles, submachine guns, shotguns, snipers, pistols, hingga explosives .

Free Fire juga memiliki pilihan senjata yang mirip, tapi variasinya lebih sedikit. Selain itu, detail senjata yang dimiliki juga kurang.

5. Auto-Aim

free-fire-vs-pubg-mobile-3

Banyak yang bilang kalau main game di Free Fire itu lebih gampang karena ada fitur auto-aim yang memudahkan pemain untuk membunuh lawannya. Meskipun fitur ini bisa dimatikan, kebanyakan pemain menggunakan fitur ini.

Berbeda dengan PUBG Mobile yang butuh skill dan ketangkasan tangan. PUBG Mobile hanya memiliki aim assist . Kalau orang yang suka tantangan, PUBG Mobile akan jauh lebih memuaskan dibandingkan Free Fire .

6. Anti-Cheat yang Kalah Canggih

free-fire-lebih-buruk-dari-pubg-mobile-6

Dalam sebuah game , yang namanya cheater pasti ada. Kita sebagai pemain tidak bisa berbuat apa-apa, hanya bisa pasrah ke developer untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Beberapa media menyebutkan kalau PUBG Mobile memiliki anti-cheat systems yang lebih baik dari Free Fire . Sebenarnya keduanya sama-sama bagus, hanya saja PUBG Mobile sedikit lebih baik.

7. Kalah Pamor di Dunia Esports

free-fire-vs-pubg-mobile-4

Di kancah esports , PUBG Mobile dan Free Free sama-sama memiliki kompetisi esports yang sangat populer dan sukses. Hanya saja, PUBG Mobile kami anggap memiliki ekosistem yang lebih baik daripada Free Fire , serta pamornya juga lebih tinggi.

PUBG Mobile memiliki sistem turnamen dari level semi-pro sampai kejuaraan global tertata dengan rapi. Turnamen regional yang berdampingan dengan liga tahunan juga membuat kompetisi esports PUBG Mobile sangat sukses.

***

Meskipun begitu, sebenarnya Free Fire memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan PUBG Mobile . Free Fire memiliki karakter-karakter yang dapat dimainkan. Hal ini jelas lebih menarik dibandingkan PUBG Mobile yang karakternya hanya dibedakan dari skin -nya.

Free Fire juga punya fitur pets yang membuat permainan semakin menarik. Meskipun butuh storage yang lumayan, setidaknya Free Fire tidak membutuhkan bergiga-giga storage seperti yang dibutuhkan PUBG Mobile .

Kalau menurutmu, apakah Free Fire memang lebih buruk dari PUBG Mobile ? Atau kamu punya pendapat lain? Tulis di kolom komentar, ya!


Dapatkan berita gaming dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, film, anime, dan lainnya hanya di UP Station. Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungi UniPin! Proses cepat dan harga murah! Subscribe channel YouTube UniPin Gaming untuk nonton konten game menarik.

Follow akun sosial media kami di:

Facebook: UP Station Indonesia

YouTube: UP Station Media

Twitter: @Upstationasia

Instagram: @upstation.media

Discord : UniPin Official Community

Topik Menarik