Intel H-Series Gen 12 untuk Laptop Diperkenalkan, Pamer Performa Ngebut

Intel H-Series Gen 12 untuk Laptop Diperkenalkan, Pamer Performa Ngebut

Teknologi | upstation.asia | Kamis, 6 Januari 2022 - 08:08
share

Tidak hanya AMD dan Nvidia saja, Intel juga ikut unjuk gigi di salah satu pameran teknologi terbesar di dunia, CES 2021 . Menariknya, prosesor baru yang mereka perkenalkan kali ini bukan untuk desktop, melainkan untuk perangkat laptop.

Setelah mereka memperkenalkan prosesor generasi ke-12 dengan kode nama Alder Lake di bulan Oktober lalu, akhirnya mereka memboyong versi laptopnya di ajang tahunan ini.

Tentu saja, prosesor baru ini membawa beberapa kemajuan menarik dari generasi sebelumnya. Tidak sembarangan, prosesor generasi 12 versi mobile yang mereka perkenalkan ini masuk ke dalam kategori H-Series!

Sebagai informasi, Intel biasanya membagi prosesornya menjadi tiga kategori, meliputi: P-Series untuk laptop performa yang tipis; U-Series untuk laptop modern yang tipis dan ringan; dan ada H-Series untuk laptop enthusiasts yang membutuhkan tenaga CPU yang tinggi seperti laptop gaming dan workstation .

Menariknya, Intel merancang prosesor mobile H-Series generasi 12 ini dengan arsitektur hybrid . Artinya, mereka menggabungkan keunggulan dari P-Series yang bertenaga dan U-Series hemat daya ke dalam sebuah chip .

Fungsinya agar laptop dapat bekerja dengan lebih optimal dan efisien. Sebagai contoh, prosesor tersebut mampu menjalankan gim menggunakan core yang lebih kencang, sedangkan core yang lebih lambat digunakan untuk melakukan livestream . Kombinasi ini juga dapat membuat konsumsi daya laptop menjadi lebih irit.

Untuk Intel H-Series generasi 12 sendiri akan dibekali dengan 14 core dan 20 thread yang jauh lebih kencang dari generasi sebelumnya. Mereka juga menjelaskan bahwa prosesor jenis ini memang sangat cocok untuk para gamer dan konten kreator.

Intel bahkan memberikan contoh kinerja Core i9-12900HK , prosesor paling kencang yang mereka perkenalkan di CES 2021. Hasilnya, jika dibandingkan dengan Core i9-11980HK dari generasi sebelumnya, ia mampu menjalankan aplikasi berat seperti Adobe Creative Cloud 44% lebih cepat, Autodesk 14% lebih cepat, dan Blender dengan render 30% lebih cepat.

gsmarena_002

Sedangkan untuk sektor gaming , Intel mengklaim bahwa H-Series generasi 12 adalah platform mobile gaming terbaik di dunia. Mereka mengatakan bahwa performa prosesor terkencangnya saat ini mampu berjalan 28% lebih cepat dari generasi sebelumnya. Hal ini juga mereka buktikan dari berbagai benchmark gim yang mereka pamerkan di CES 2021.

Screenshot 2022-01-06 144251

Seperti yang bisa kamu lihat di tabel, prosesor tersebut bahkan mampu membalap performa Ryzen 9 5900HX yang merupakan salah satu prosesor tekencang dari AMD di generasi sebelumnya.

Hingga saat ini, belum diketahui berapa estimasi laptop yang akan menggunakan prosesor Intel H-Series generasi 12. Yang jelas, produk laptop tersebut akan mulai tersedia mulai Q1 tahun ini. Apakah kamu sudah siap mengganti perangkat lawasmu dengan laptop bertenaga Intel baru ini?


Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungiUniPin! Proses cepat dan harga murah! Subscribe channel YouTubeUniPin Gaminguntuk nonton konten game menarik.

Follow akun sosial media kami di:

Facebook: UP Station Indonesia

YouTube: UP Station Media

Twitter: @Upstationasia

Instagram: @upstation.media

Discord :UniPin Official Community