Grand Launching Mars Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya di Peringatan Hardiknas 2024

Grand Launching Mars Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya di Peringatan Hardiknas 2024

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Kamis, 2 Mei 2024 - 21:11
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tasikmalaya menghadirkan inovasi melalui seni dengan mempersembahkan Mars Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya pada Momentum Hardiknas 2024, pada Kamis (2/5/2024).

Karya seni tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan seniman lokal dan diluncurkan saat upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 di halaman Bale Kota Tasikmalaya.

Mars Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya lahir dari rasa cinta terhadap dunia pendidikan di Kota Tasikmalaya, diciptakan oleh musisi lokal bernama Atik Suwardi, dengan lirik yang ditulis oleh Plt Kadisdik Kota Tasikmalaya, H Ucu Anwar.

"Soft opening Mars Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya telah dilakukan saat kegiatan FLS2N di Stadion Dadaha, dan ini merupakan grand openingnya pada momen Hardiknas," ujar Plt Kadisdik Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar.

Ucu menjelaskan bahwa Mars Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya dinyanyikan oleh sembilan guru, terdiri dari tiga pria dan lima wanita, sebagai penghargaan kepada para pendahulu Disdik serta pengajar dan peserta didik.

"Ini adalah upaya kami untuk memberikan penghormatan kepada para pendahulu Disdik yang telah meletakkan pondasi dalam dunia pendidikan," ungkapnya.

Sementara itu, pencipta aransemen Mars Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Atik Suwardi, menjelaskan bahwa mars ini tercipta karena selama ini tidak pernah ada mars untuk Disdik Kota Tasikmalaya.

"Selama saya berada di Disdik Kota Tasikmalaya, saya menyadari bahwa belum pernah ada mars untuk Disdik. Karena itu, saya berdiskusi dengan Pak Ucu dan akhirnya menciptakan mars ini, dengan lirik yang dibantu oleh Pak Ucu," kata Atik.

Atik menambahkan bahwa dalam pembuatan mars ini, pihaknya melibatkan guru-guru dari Kota Tasikmalaya.

"Mars ini dibawakan oleh para guru, sekitar sembilan orang, dan mereka berhasil menyatukan suara dengan sangat baik," jelasnya.

Mars Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para pengajar untuk terus memberikan ilmu kepada generasi muda dengan semangat yang tinggi.

"Mars ini merupakan semangat bagi para pengajar untuk terus memberikan pendidikan kepada anak-anak bangsa," tandasnya.

Topik Menarik