Pj Wali Kota Tasikmalaya Cek Gudang Bulog, Pastikan Stok Beras Aman Jelang Ramadhan

Pj Wali Kota Tasikmalaya Cek Gudang Bulog, Pastikan Stok Beras Aman Jelang Ramadhan

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Rabu, 28 Februari 2024 - 21:23
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah bersama forkopimda dan instansi terkait, melakukan pemantauan langsung ke Gudang Bulog di Jalan Mayor SL Tobing, Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, pada Rabu (28/2/2024).

Kunjungan tersebut dilakukan untuk memeriksa cadangan beras di Gudang Bulog, terutama karena harga beras di pasaran sedang naik menjelang bulan suci Ramadhan.

"Alhamdulilah, hari ini kita bersama Bulog, Polres Tasikmalaya, Kodim juga mengecek stok beras di sini. Yang pertama kita cek stoknya, dan stok untuk Pasirwangi Timur dan Kota Tasikmalaya aman," kata Cheka.

Ia mengungkapkan bahwa menurut keterangan dari Pimpinan Cabang Bulog Sub Drive Ciamis, Ashville Nusa Panata, Kota Tasikmalaya memiliki stok beras sebanyak 6 ribu ton yang akan digunakan untuk bantuan pangan dan program Stabilitasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

"Dari yang disampaikan oleh kepala Bulog, kita memiliki stok sekitar 6.000 ton yang akan digunakan untuk bantuan pangan dan program SPHP. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir tentang pasokan beras," ujarnya.

Cheka menambahkan bahwa beras SPHP memiliki kualitas yang tidak kalah dengan beras premium. Untuk membantu meringankan beban masyarakat terkait harga beras yang tinggi, Pemkot Tasikmalaya telah meluncurkan Gerakan Pangan Murah (GPM) di 10 Kecamatan di Kota Tasikmalaya.

Untuk memastikan program ini berjalan dengan lancar dan tepat sasaran, Cheka dan tim Satgas Pangan Polri akan mengawasi proses distribusi beras SPHP ini. Mereka juga akan bertindak jika menemukan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab atau menimbun beras.

"Masyarakat tidak perlu ragu untuk mengonsumsi beras SPHP, karena rasanya enak dan kualitasnya baik. Program GPM juga sedang kami gencarkan. Hari ini kami sudah memulai GPM di Kecamatan Bungursari dan akan dilanjutkan di 10 kecamatan lainnya," jelasnya.

Selain itu, Cheka juga menyebut bahwa beras SPHP sudah didistribusikan melalui dua jalur, yaitu jalur ritel tradisional di Pasar Cikurubuk dan jalur ritel modern. Usaha juga sedang dilakukan untuk mendistribusikan beras SPHP ke minimarket.

Pimpinan Cabang Bulog Sub Drive Ciamis, Ashville Nusa Panata, menambahkan, bahwa Bulog telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah termasuk Pemkot Tasikmalaya untuk pendistribusian beras SPHP. Mereka juga memperluas distribusi beras SPHP ke ritel modern sebagai bagian dari upaya memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Apa yang tadi disampaikan pak Pj, jadi kita melakkukan gerakan pangan murah di berbagai kecamatan. Kita juga suplai beras SPHP yang awalnya mungkin kita ke pasar-pasar tradisional, tapi kita juga sekarang melebarkan lagi ke ritel-ritel modern," ungkapnya.

Topik Menarik