FGD Hima Persis DKI Bahas Kota Global, Tagline Heru Diklaim Bawa Semangat Kemajuan Jakarta

FGD Hima Persis DKI Bahas Kota Global, Tagline Heru Diklaim Bawa Semangat Kemajuan Jakarta

Terkini | tangsel.inews.id | Minggu, 5 Mei 2024 - 11:51
share

JAKARTA, iNewsTangsel.id- Ketua Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Hima Persis) Provinsi DKI Jakarta, Musthafa Bayyin menyampaikan, Jakarta sebagai pusat dinamika nasional di bidang politik, pendidikan, ekonomi dan bisnis, kebudayaan dan sebagainya, menyimpan berbagai potensi yang harus bisa membawa dampak manfaat bagi semua pihak.

Hal tersebut disampaikan Bayyin saat menjadi pembicara pada acara Forum Group Discussion (FGD) mengusung tema “Transformasi Jakarta Menuju Kota Global”. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara Musyawarah Wilayah (MUSWIL) Ke-8 yang diselenggarakan belum lama ini di Gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut Bayyin, Jakarta ke depan pasca tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara, harus bisa menghadirkan ekosistem yang memberdayakan semua potensi agar dapat memperluas peran Jakarta, sehingga bukan hanya bersekala nasional, melainkan ikut serta dalam percaturan dunia secara global.

“Terlebih kita sedang berada ditengah agenda mewujudkan visi Indonesia emas 2045, Jakarta memegang peranan penting untuk menjadi penentu terwujudnya visi tersebut," kata Bayyin, dikutip Sabtu (4/5/2024).

 

"Tagline ‘Sukses Jakarta Untuk Indonesia’ (SJUI) kami formulasikan menjadi bagian daripada filosofi gerakan di Hima Persis DKI Jakarta dengan tagline ‘Sukses Hima Persis Untuk Indonesia’ yang kemudian menjadi tema Muswil ke-8, ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk senantiasa andil dalam agenda kemajuan bangsa ke depan," lanjutnya.

Kegiatan FGD tersebut berlangsung secara interaktif dengan menghadirkan peserta dari seluruh kader perwakilan Hima Persis DKI Jakarta dari berbagai kampus, beberapa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) kampus di Jakarta, perwakilan pelajar dari berbagai sekolah, hingga komunitas pemuda seperti Forum Jakarta Baru (FJB).

Inisiator Forum Jakarta Baru, Fakhrizal Lukman menyampaikan, lebih dari tujuh dekade sebagai Ibu Kota, Jakarta memiliki modal besar untuk mewujud sebagai kota global. Meskipun merupakan bagian kecil dunia, kata Fakhrizal, peran serta semua pihak harus hadir untuk mengawal hingga menghadirkan Jakarta baru yang memiliki konektivitas Internasional yang lebih kuat.

"Yakni kekuatan untuk menggerakkan informasi, sumber daya manusia, ide gagasan serta inovasi yang semuanya dapat menjadi katalisator bagi pertumbuhan ekonomi dan tentunya pembangunan manusia," kata Fakhrizal.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan, Habib Jamni menyampaikan harapannya bahwa agenda FGD dan Musywil Hima Persis DKI Jakarta dapat melahirkan sebuah gerakan pemikiran yang nantinya bisa berkontribusi untuk pembangunan berkelanjutan bagi Jakarta.

 “FGD ini kami gelar guna mengkaji hingga menakar lebih dalam mengenai masa depan Jakarta ke depan, transisi Jakarta yang kemudian menjadi Daerah Khusus bervisi kota global harus menjadi momentum kawula muda berkontribusi lebih baik untuk kemajuan Jakarta,” ujar Habib.

Menanggapi kegiatan itu, Ketua PD. Hima Persis Ciputat, Ihsanul Yaziid mengatakan, pihaknya merespon positif acara tersebut lantaran dalam pembangunan kota, mahasiswa harus terlibat aktif menjalankan peran dan fungsinya sebagai Agent of Change, Iron Stock, dan Social Control.

 

“FGD kali ini membedah berbagai potensi yang perlu diberdayakan, hingga persoalan yang perlu dientaskan di Jakarta. Sebagai aktivis mahasiswa Jakarta, hal ini amat penting kita diskusikan guna memperjelas langkah hingga gerakan agar bersama-sama dapat mewujudkan Jakarta sebagai kota global dengan tetap memprioritaskan kesejahteraan warganya," tutup mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta itu.

Topik Menarik