Safari Pemenangan Pilkada, PKS Jatim Matangkan Penjaringan Calon Kepala Daerah

Safari Pemenangan Pilkada, PKS Jatim Matangkan Penjaringan Calon Kepala Daerah

Terkini | surabaya.inews.id | Senin, 6 Mei 2024 - 12:40
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dalam rangka mematangkan tahapan penjaringan calon kepala daerah se-Jatim, Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan menggelar Safari Pemenangan Pilkada ke berbagai Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. 

Safari yang dilakukan Kang Irwan itu sudah dilakukan sejak tanggal 17 April, rencana akan berakhir pada akhir Mei 2024. 

Safari pemenangan Pilkada ini menurutnya juga dilakukan dalam rangka mengokohkan capaian PKS dalam Pileg 2024, dimana ada kenaikan kursi baik kursi pusat, provinsi maupun kabupaten/kota se-Jatim.

Dalam kesempatan safari tersebut, Irwan mengajak para pengurus, anggota dan semua keluarga besar PKS untuk juga untuk senantiasa  bersyukur atas capaian pada pemilu 2024. 

"Dengan demikian, kami yakin bahwa Allah akan menambah nikmatnya dengan menambah capaian kursi pada pemilu 2029," ujarnya.

Selanjutnya Irwan juga mengajak untuk meningkatkan soliditas semua pengurus, anggota, caleg, dan keluarga besar PKS. 

"Semua punya kontribusi dalam berjuang, tidak ada yang jumawa dan tidak ada yang kecil hati. Semua harus tetap kompak dan solid untuk melanjutkan perjuangan bersama PKS," kata alumnus FISIP Unair ini.

Selain itu, Irwan juga mengajak agar tetap Istiqomah dalam melayani dan membela rakyat. 

Terakhir, pria 48 tahun ini, mengajak untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan berbagai kalangan. Menjaga silaturahim dengan para tokoh, ormas, serta meminta nasihat, arahan agar  PKS tetap Istiqomah dan bisa semakin mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. 

Untuk mensukseskan Momentum berikutnya, Kang Irwan mengajak semua pengurus, anggota PKS untuk berpartisipasi memenangkan calon yang diusung PKS dalam kontestasi pilkada serentak 2024.

Capaian terbaiknya adalah memenangkan kader menjadi kepala daerah, selain itu memenangkan calon yang diusung oleh PKS.

 

Irwan menjelaskan bahwa PKS Jatim telah meminta seluruh DPD PKS se-Jawa Timur, untuk melaksanakan tahapan penjaringan dan penyaringan bakal calon kepala daerah yang akan diusung oleh PKS baik dari kalangan kader maupun non kader. 

Hal tersebut sudah dilakukan sejak tanggal 20 April hingga akhir Mei 2024. Dalam tahapan penjaringan dan penyaringan DPW maupun DPD akan mengusulkan minimal dua calon kepada DPP.

Adapun beberapa syarat calon yang akan diusung oleh PKS yaitu pertama harus memenuhi semua persyaratan yang  ditetapkan oleh  peraturan perundang-undangan. Yang kedua, memiliki   perilaku dan rekam  jejak  yang positif di tengah masyarakat.

Selanjutnya yang ketiga, memiliki kompetensi  dalam melakukan komunikasi, lobi, dan negosiasi, serta yang keempat memiliki motivasi yang  kuat  menjadi pemimpin daerah.

Selain itu yang kelima, menjadi salah satu pertimbangan yaitu mempunyai jaringan massa (networking}  yang luas. 

Proses rekrutmen dalam  Penjaringan dan  Penyaringan terdiri atas usulan Unit Pembinaan Anggota (UPA) pada tingkatan Anggota Pelopor, usulan Struktur Partai yakni mulai tingkat kecamatan dan usulan masyarakat melalui pendaftaran baik secara terbuka maupun tertutup. 

Selanjutnya DPW maupun DPD diminta melakukan komunikasi dengan para calon untuk melakukan pendalaman terhadap Visi dan Misi para calon dalam membangun daerahnya jika terpilih.

"Alhamdulillah semua DPD PKS se-Jawa Timur sudah melaksanakan tahapan penjaringan calon kepala daerah. Baik yang melalui UPA, pengurus maupun menerima komunikasi para calon kepala daerah yang ingin PKS turut mengusung dalam pilkada 2024. Terima kasih kepada semua pengurus DPD PKS se-Jatim. Semoga segera tuntas untuk segera mengusulkan minimal dua calon ke DPW untuk kemudian dilanjutkan ke DPP," ujar Kang Irwan. 

"PKS membuka diri berbagai kalangan yang ingin maju diusung oleh PKS dalam pilkada serentak 2024. Pihaknya mempersilahkan para calon untuk berkomunikasi dengan pengurus DPD PKS di masing-masing Kabupaten/kota. DPW juga sudah meminta DPD untuk pro aktif membangun komunikasi dengan para calon yang sudah muncul didaerahnya," pungkas Kang Irwan.

Beberapa daerah yang sudah dikunjungi dalam Safari pemenangan yaitu Kabupaten  Probolinggo, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang. 

Selain itu Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Ponorogo, Magetan, Ngawi. 

Begitupula Trenggalek, Kota Kediri, Kab. Kediri, Tulungagung, Jombang, Bojonegoro, Lamongan, dan Kota Surabaya.

Topik Menarik