Jelang Lawan Timnas Irak U-23, AFC Kabarkan Justin Hubner Tak Bisa Bela Indonesia U-23, Ada Apa?

Jelang Lawan Timnas Irak U-23, AFC Kabarkan Justin Hubner Tak Bisa Bela Indonesia U-23, Ada Apa?

Olahraga | surabaya.inews.id | Kamis, 2 Mei 2024 - 14:30
share

DOHA, iNewsSurabaya.id - Kabar absennya Justin Hubner dari laga Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Irak U-23 di Piala Asia U-23 2024 tiba-tiba muncul. Informasi ini menjadi pukulan telak bagi Timnas Indonesia U-23, karena sang Kapten Rizky Ridho juga tak bisa dimainkan mendapatkan kartu merah. 

Gelombang kekecewaan muncul dan menjadi tantangan tersendir bagi pelatih Shin Tae-yong. Dalam artikel berjudul 'Preview - 3rd Place Playoff: Iraq v Indonesia' yang dirilis oleh Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), kehadiran Hubner tidak akan dirasakan di lapangan karena akumulasi kartu.

Kehilangan dua bek andalannya, Rizky Ridho dan Justin Hubner, menjadi pukulan berat bagi Timnas Indonesia U-23, menyisakan tantangan besar bagi Shin Tae-yong dalam menjaga stabilitas lini belakang timnya. 

Dalam keterangannya, AFC menyoroti betapa krusialnya peran Hubner sebagai bagian integral dari trio bek utama tim tersebut.

Absennya Hubner tidak hanya meninggalkan kekosongan di lini pertahanan, tetapi juga menempatkan beban ekstra pada pelatih untuk mencari solusi yang tepat guna mengatasi kekurangan tersebut. 

 

Dengan pertandingan yang semakin mendekat, Shin Tae-yong dihadapkan pada tugas yang tidak mudah untuk memastikan bahwa Timnas Indonesia U-23 tetap kompetitif dan solid di laga perebutan posisi tiga tersebut.

“Shin Tae-yong harus menghadapi tidak tersedianya bek tengah Rizky Ridho dan Justin Hubner, yang merupakan pemain kunci dari tiga pemain belakang mereka,” tulis AFC.

Lantas, apa benar Justin Hubner absen karena terkena akumulasi kartu? Bek 20 tahun ini sempat terkena kartu kuning saat Timnas Indonesia U-23 menang 4-1 atas Yordania U-23 di matchday pamungkas Grup A Piala Asia U-23 2024.


AFC Kabarkan Justin Hubner Tak Bisa Bela Indonesia U-23. Foto iNewsSurabaya/Okezone

Namun, kartu kuning Justin Hubner sudah diputihkan jelang laga semifinal Piala Asia U-23 2024 yang mempertemukan Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Uzbekistan U-23. 

Menurut Pasal 54.1.3 dari regulasi kompetisi Piala Asia U-23 2024, pemain yang terkena satu kartu kuning jelang laga semifinal Piala Asia U-23 2024 akan dihapuskan.

Karena itu, ketika Tampil di babak semifinal kontra Uzbekistan U-23, jumlah kartu kuning Justin Hubner adalah 0. Berhubung Justin Hubner terkena kartu kuning kontra Uzbekistan U-23, bek berdarah Belanda ini baru mengantongi satu kartu kuning dan tak perlu menjalani sanksi akumulasi kartu.

Sanksi akumulasi kartu hanya diberikan kepada pemain yang mengoleksi dua kartu kuning atau satu kartu merah. Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto, juga sudah mengonfirmasi bahwa Justin Hubner dapat diturunkan melawan Irak U-23.

"Bisa dimainkan," kata Nova Arianto kepada Okezone MNC Group, Kamis (1/5/2024).

Dalam pola 3-4-3 racikan Shin Tae-yong, Justin Hubner akan berkolaborasi dengan Muhammad Ferarri dan Komang Teguh. Harapannya kolaborasi trio ini dapat membantu Timnas Indonesia U-23 menang atas Irak U-23 malam ini, sekaligus mengunci tiket Olimpiade Paris 2024.

Jika kalah dari Irak U-23, Timnas Indonesia U-23 masih bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024. Tiket Olimpiade Paris 2024 didapatkan jika menang atas Timnas Guinea U-23 di babak playoff yang dilangsungkan di Kyoto, Jepang pada Kamis 9 Mei 2024.

Topik Menarik