Pendukung Timnas Indonesia U-23 Bakal Emosi, Wasit VAR Asal Thailand Pimpin Laga vs Irak U-23?

Pendukung Timnas Indonesia U-23 Bakal Emosi, Wasit VAR Asal Thailand Pimpin Laga vs Irak U-23?

Olahraga | surabaya.inews.id | Rabu, 1 Mei 2024 - 11:40
share

DOHA, iNewsSurabaya.id - Kabar buruk kembali menghampiri Timnas Indonesia U-23. Sivakorn Pu-udom, Wasit Video Assistant Referee (VAR) dari Thailand terlibat dalam pertandingan Indonesia U-23 vs Irak U-23 di Piala Asia U-23 2024.

Dalam sebuah pengumuman resmi dari AFC, Sivakorn Pu-udom akan kembali berperan sebagai Asisten VAR saat Timnas Indonesia U-23 bersiap menghadapi Timnas Irak U-23 dalam perebutan posisi tiga pada Piala Asia U-23 2024, Kamis 2 Mei 2024, pukul 22.30 WIB.

Pertandingan ini menandai penampilan ketiga Sivakorn Pu-udom sebagai bagian dari panel pengadil dalam laga-laga Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Namun, catatan yang mencolok adalah setiap kali Pu-udom bertugas, Timnas Indonesia U-23 selalu meraih hasil negatif.

Momen pertama tersaji saat Timnas Indonesia U-23 kalah 0-2 dari Qatar U-23 di matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024, Senin 15 April 2024. Saat itu, panggilan dari Sivakorn Pu-udom membuat wasit utama, Nasrullo Kabirov, mengubah pendiriannya.

Awalnya, Nasrullo Kabirov memberikan hadiah tendangan ke gawang untuk Timnas Indonesia U-23 setelah Rizky Ridho dinilai dilanggar pemain Qatar U-23. Namun, setelah Melihat VAR yang dipimpin Sivakorn Pu-udom, Nasrullo Kabirov justiu memberikan hadiah penalti kepada Qatar U-23.

Al Rawi yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Gol itu membuat mental Timnas Indonesia U-23 terganggu hingga akhirnya kalah 0-2 dari Qatar U-23.

Terbaru, Sivakorn Pu-udom benar-benar menjadi musuh pencinta sepakbola Tanah Air karena menganulir gol yang dibuat Muhammad Ferarri ke gawang Ubekistan U-23. Padahal, jika gol itu disahkan, Timnas Indonesia U-23 diyakini bakal memenangkan laga.

Selain itu, panggilan dari Sivakorn Pu-udommembuat wasit utama laga Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Uzbekistan U-23, Shen Yinhao, memberi kartu merah kepada Rizky Ridho!

Tak sampai di situ kerugian yang dilemparkan Sivakorn Pu-udom kepada Timnas Indonesia. Ia juga mensahkan gol Osama Rashid saat Timnas Irak menang 3-1 atas Timnas Indonesia di matchday pertama Grup D Piala Asia 2023.

Padahal, dalam siaran ulang terlihat jelas, sebelum terciptanya gol Osama Rashid, sudah ada pemain Irak yang terjebak offside. Sekarang harapannya, wasit Sivakorn Pu-udom dapat bekerja secara maksimal dan netral.

Bagaimana dengan wasit utama laga Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23? Wasit asal Arab Saudi, Majed Mohammed Al Shamrani akan bertugas sebagai pemimpin laga.

Topik Menarik