Turnamen Karate Piala Gubernur Jatim Diikuti 2016 Atlet Jawa-Bali, Begini Keseruannya

Turnamen Karate Piala Gubernur Jatim Diikuti 2016 Atlet Jawa-Bali, Begini Keseruannya

Olahraga | surabaya.inews.id | Sabtu, 27 April 2024 - 22:40
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono membuka Piala Gubernur untuk Open dan Festival Karate Tournament Championship Tahun 2024 di GOR UNESA Lidah Wetan Surabaya, Sabtu (27/4/2024).

Kompetisi ini diikuti oleh 2016 peserta dari 42 kontingen se-Jawa-Bali ini. Peserta berasal dari jenjang umur 8-9 tahun serta kelas senior yang berusia 21 tahun ke atas.

Piala Gubernur Karate ini dilaksanakan sejak 26-28 April 2024. Di mana, kategori Open diikuti oleh 105 kelas atlet dan 52 kelas peserta baru untuk kategori Festival.

Nantinya, dalam ajang ini akan diberikan predikat Best of the Best yang terdiri dari 5 putera dan 5 puteri dengan total hadiah Rp 1 juta per orang beserta tropi. Sedangkan juara umum berasal dari kontingen dengan jumlah medali terbanyak dengan hadiah berupa tropi piala tetap, piala bergilir, serta uang pembinaan 20 juta.

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono mengataka, ajang ini sangat krusial khususnya untuk peningkatan skill dan prestasi atlet. Untuk bisa menjadi pembinaan profesional, maka perlu banyak sekali turnamen yang bertingkat, berjenjang, dan berkelanjutan mulai dari anak-anak sampai ke profesional. "Turnamen-turnamen dan kejuaraan ini bisa meningkatkan kualitas dan prestasi atlet, katanya.

"Ini merupakan kesempatan bagi atlet pemula maupun atlet yang profesional untuk bisa mengukur kemampuan dan prestasinya. Karena calon-calon atau bibit unggul yang kita temukan akan diterjunkan ke turnamen-turnamen lainnya untuk perkembangan olahraga di Jatim," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jatim M. Ali Kuncoro menambahkan, turnamen ini sebagai ajang pemantauan atlet yang akan berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).

"Ini akan kita portret. Kita kan punya PPLP dan SPOP. Kalau ada prestasi yang luar biasa akan kita pantau dan kita jadikan penambah energi untuk menambah roadmap persiapan pekan olahrga daerah 2025," ungkap Ali.

Topik Menarik