Imigrasi Bandung Buka Pelayanan Paspor di Mal Pelayanan Publik Sumedang

Imigrasi Bandung Buka Pelayanan Paspor di Mal Pelayanan Publik Sumedang

Terkini | surabaya.inews.id | Selasa, 23 April 2024 - 19:30
share

SUMEDANG, iNewsSurabaya.id - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung membuka pelayanan paspor dan juga pelayanan informasi keimigrasian di Mal Pelayanan Publik (MPP) Sumedang. 

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dilakukan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandung, Agung Pramono dan Pemerintah Kabupaten Sumedang diwakili Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sumedang, Kemal Idris, di MPP Kabupaten Sumedang, Selasa (23/4/2024). 

“Layanan Keimigrasian yang dapat diperoleh di MPP Kabupaten Sumedang yaitu pengurusan permohonan paspor baru, permohonan penggantian paspor baru dan pemberian informasi keimigrasian. Pelayanan dilakukan pada Hari Kerja yaitu Selasa dan Jumat,” jelas Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandung Agung Pramono di sela-sela seremoni penandatanganan kerja sama.

Agung menambahkan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk implementasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 92 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik. Kantor Imigrasi bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam hal memberikan Pelayanan Publik Satu Pindu/Terpadu. 

“Dengan sinergi dan kolaborasi antar instansi ini, diharapkan pelayanan publik di Kabupaten Sumedang dapat semakin optimal dan berkualitas,” ujar Agung.

Hadirnya pelayanan Keimigrasian ini menambah lengkap pelayanan publik bagi warga di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang yang sebelumnya sudah diisi beberapa instansi pelayanan publik. 

Masyarakat Kabupaten Sumedang dapat memanfaatkan kesempatan ini sebagai solusi jarak yang lebih dekat dari tempat tinggal, sehingga dapat mengurai penumpukan antrian layanan Keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung.

Layanan Keimigrasian pada MPP Kabupaten Sumedang secara resmi dibuka langsung oleh Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli. Dalam sambutannya, Yudia mengapresiasi atas kerja sama yang dibangun. 

Proses pengajuan untuk membuka Layanan Keimigrasian di Kabupaten Sumedang sudah dilakukan beberapa tahun yang lalu, namun baru terealisasi tahun ini dan dapat diresmikan pada momentum hari jadi sumedang ke-446. 

“Dengan adanya layanan Keimigrasian di MPP Kabupaten Sumedang dapat mendekatkan dan memudahkan masyarakat di seluruh pelosok Kabupaten Sumedang. Pelayanan publik harus dekat, mudah, cepat dan berbasis digital," terangnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung beserta jajaran, staf ahli Bupati, para kepala OPD terkait, Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Kabupaten Sumedang dan Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) se Kabupaten Sumedang.

Topik Menarik