Taruna AAL Korps Marinir Berlatih Tempur Kavaleri

Taruna AAL Korps Marinir Berlatih Tempur Kavaleri

Terkini | surabaya.inews.id | Sabtu, 20 April 2024 - 21:00
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Taruna Tingkat III Korps Marinir Angkatan ke-70 TA. 2023/2024 melaksanakan kegiatan Lattek Karkata Yudha, di Bukit Bantolo Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (20/4/2024).

Kegiatan tersebut untuk membekali ilmu pengetahuan kendaraan tempur dan taktik tempur Kavaleri di Batalyon Tank Amfibi 2 Marinir.

Lattek ini diawali dengan upacara penerimaan dan penyematan Head Gear kepada perwakilan Taruna sebagai simbol Prajurit Kavaleri Koprs Marinir yang dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon Tank Amfibi 2 Marinir Letnan Kolonel Marinir Alfredo Yowel Antaribaba, didampingi Perwira Pendamping (Paping) Lattek Karkata Yudha Letkol Mar Egie Kadarsah, dan dihadiri oleh para Perwira serta instruktur Yontankfib 2 Mar beserta 49 Taruna AAL Korps Marinir Angkatan ke-70 TA. 2023/2024.

Esensi dari Latihan Praktek Karkata Yudha Taruna AAL Korps Marinir bertujuan untuk memberikan gambaran dan pengetahuan tentang kesenjataan Kavaleri Korps Marinir, khususnya tentang karakteristik Ranpur Tank BMP 3F, PT 76 (M), Kendaraan Bengkel jenis TRM 80 (URAL 4320), mengemudi Ranpur Tank dan pengenalan Sistem Kendali Senjata (SKS) serta Prosedur Komunikasi (Proskom) Ranpur.

Selain itu, para Taruna diperkenalkan dengan berbagai kesenjataan Ranpur meliputi senjata GPMG, PKT kaliber 7,62 mm, Canon 30 mm, Canon 90 mm dan Canon 100 mm.

Komandan Batalyon Tank Amfibi 2 Marinir dalam arahannya menyampaikan agar para pelatih mendidik dan mengarahkan, serta memberikan seluruh kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki, karena para Taruna nantinya akan menjadi calon penerus serta pimpinan di Satuan Kavaleri Marinir.

"Selamat datang, selamat melaksanakan kegiatan Karkata Yudha di Batalyon Tank Amfibi 2 Marinir.Jadikan ini sebagai bekal awal mendarmabaktikan diri kepada nusa dan bangsa sebagai prajurit Jalasena Korps Marinir TNI AL," tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut para Taruna berkesempatan mengemudikan Ranpur melintasi beberapa medan obstacle di daerah latihan Bukit Bantolo.

Topik Menarik