Ngeri! Korban Banjir Lahar Dingin Semeru Mulai Berjatuhan, Tiga Warga Ditemukan Tewas

Ngeri! Korban Banjir Lahar Dingin Semeru Mulai Berjatuhan, Tiga Warga Ditemukan Tewas

Terkini | surabaya.inews.id | Sabtu, 20 April 2024 - 12:00
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Tiga warga tewas akibat banjir lahar dingin Gunung Semeru di Lumajang pada Kamis (18/4/2024). Dua korban tewas terseret banjir saat melintas di jembatan Kecamatan Candipuro. Kemudian satu lagi meninggal dunia akibat tertimbun material longsor di Kecamatan Pronojiwo. 

“Terdapat tiga korban meninggal dunia yang dilaporkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang pada Jumat (19/4) pukul 18.00 WIB," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, dalam keterangannya, Sabtu (20/4/2024).

Banjir lahar dingin akibat intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru ini menyebabkan meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS) Regoyo, Mujur, dan Glidik, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Kamis (18/4/2024) pukul 19.30 WIB.

Akibatnya, Daerah Aliran Sungai (DAS) meluap dan berdampak pada sembilan kecamatan, yakni Pronojiwo, Candipuro, Pasirian, Lumajang, Kecamatan Sukodono, Sumbersuko, Pasrujambe, Padang, dan Tempeh. 

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim) Gatot Soebroto memastikan, kondisi genangan di semua titik banjir telah surut total. Para pengungsi juga sudah kembali ke rumah masing-masing dan saat ini melakukan pembersihan. “Kami telah memberikan bantuan logistik berupa makanan kaleng dan siap saji, beras, minyak, lauk pauk, hingga selimut dan perlengkapan pacul,” katanya.

 

Pihaknya juga telah menerjunkan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC PB) ke Kabupaten Lumajang untuk membantu percepatan penanganan banjir dan  assessment kejadian di sejumlah lokasi terdampak.

“Kami telah meninjau beberapa lokasi terdampak dan menyerahkan bantuan logistik. Baik untuk warga terdampak maupun untuk kebutuhan dapur umum Tagana yang berlokasi di Kantor Dinas Sosial setempat,” ujarnya.

Berdasar data BPBD Jatim, banjir lahar dingin Gunung Semeru kali ini telah membuat sejumlah fasilitas umum di sejumlah wilayah mengalami kerusakan. Di antaranya, jembatan Mujur II Desa Kloposawit Kec. Candipuro, Jembatan Sumbersuko, jembatan Gondoruso,  jembatan Joho dan beberapa fasilitas umum lainnya. 

Topik Menarik