10 Korban Ledakan di Detasemen Gegana Brimob Polda Jatim Hari Ini Akan Dipulangkan

10 Korban Ledakan di Detasemen Gegana Brimob Polda Jatim Hari Ini Akan Dipulangkan

Terkini | surabaya.inews.id | Selasa, 5 Maret 2024 - 15:24
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Sebanyak 10 korban dari anggota kepolisian terluka akibat ledakan di kompleks Detasemen Gegana Satuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Jatim di Jalan Gresik, Morokrembangan, Kecamatan Krembangan, akan pulang hari ini, Selasa (5/3/2024). Mereka dinyatakan sudah membaik usai menjalani serangkaian pemeriksaan. 

Sebelumnya, ke-10 korban insiden ledakan dirawat intensif di RS Bhayangkara Samsoeri Mertojoso Surabaya. Bahkan, dilakukan pemeriksaan mendalam oleh tim Biddokkes Polda Jatim. 

SURABAYA, iNewsSurabaya.id Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto mengatakan, 10 korban ini sudah bisa dipulangkan, karena menurut analisa dari tim dokter dan sudah dilakukan rontgen dan pemeriksaan-pemeriksaan bagian dalam tidak ada bagian yang signifikan dan hanya traumatik saja. 

“Tidak ada tambahan korban lain. Menurutnya, hanya 10 anggota Brimob itu saja yang terluka ringan,” katanya.

Sementara untuk Tempat Kejadian Perkara (TKP), kata dia, masih status quo. Artinya, dalam proses pembersihan dan sterilisasi. Di sana ada barang-barang yang perlu diamankan dan masih disterilkan. 

“Kami Jatim memindahkan gudang penyimpanan. Terutama, di kawasan yang jauh dari pemukiman,” ujarnya.

Dia menambahkan, Kapolda Jatim sudah menyampaikan bahwa bangunan yang menjadi lokasi ledakan merupakan bangunan tua yang berdiri sejak tahun 1951. 

Di belakangnya direnovasi menjadi gudang sementara untuk penyimpanan bahan peledak (handak) yang akan di disposal. 

“Ini sudah akan dilakukan evaluasi secara menyeluruh. Nanti evaluasi seperti apa nanti akan kita informasikan ya, dan yang jelas sudah tidak ada lagi gudang disitu,” tandasnya.

Diketahui sebelumnya, ledakan diduga berasal dari sisa-sisa temuan bahan peledak yang akan dimusnahkan atau di disposal. Ledakan tersebut tidak menyebabkan korban jiwa. Namun, ada mobil dan bangunan atap gudang yang mengalami kerusakan. 

“Alhamdulillah sementara tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materiel kantor sama satu mobil yang berisi perlengkapan untuk peledakan jibom," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto.

Topik Menarik