Lupa Waker Anggota KKB Pembakar Camp di Kabupaten Puncak Ditangkap Satgas Damai Cartenz

Lupa Waker Anggota KKB Pembakar Camp di Kabupaten Puncak Ditangkap Satgas Damai Cartenz

Berita Utama | sukabumi.inews.id | Senin, 20 Mei 2024 - 06:50
share

TIMIKA, iNewsSukabumi.id- Satgas Ops Damai Cartenzc2024 berhasil menangkap anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Puncak, Lupa Waker alias Lupa Walo, di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Minggu, (19/5/2024) pukul 14.30 WIT.

Kepala operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Dr Faizal Ramadhani mengatakan, Lupa Waker alias Lupa Walo, merupakan anggota KKB aktif Wilayah Puncak dan yang bersangkutan termasuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) No. DPO : 2/II/Res 1.13/2024 Reskrim, terkait kasus pembakaran camp dan alat berat milik PT Unggul di Mundidok, Kabupaten Puncak pada Februari 2021 lalu.

"Ya benar, kami dari Satgas Operasi Damai Cartenz tadi siang sekitar jam 14.30 WIT berhasil menangkap seorang KKB atas nama Lupa Walker di sekitar Tembagapura" jelas Faizal.

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Dr Bayu Suseno dalam keteranganya  menjelaskan bahwa anggota KKB aktif Lupa Waker alias Lupa Walo ditangkap oleh Satgas Damai Cartenz 2024, di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

"Anggota KKB aktif Lupa Waker alias Lupa Walo ditangkap berdasarkan laporan dari masyarakat terhadap keberadaan yang bersangkutan sehingga anggota kami langsung bergerak cepat untuk melakukan penangkapan,"  ungkap Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno.

AKBP Bayu Suseno menjelaskan, berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP / 05 / 11 / 2021 / Papua / Res. Puncak, tanggal 13 Februari 2021, tentang
Pembakaran Camp PT Unggul, Mundidok, Kabupaten Puncak, Polres Puncak telah menerbitkan 4 Daftar Pencarian Orang (DPO) untuk anggota KKB wilayah Puncak.

Adapun barang bukti disita saat dilakukanya penangkapan yaitu:
1. Satu bilah sangkur
2. Satu dompet
3. Satu noken
4. Satu noken kepal
5. Satu KTP kabupaten Puncak atas nama Les Mosip
6. Uang pecahan Rp113.000
7. Satu unit HP Itel A70
8. Satu unit HP Nokia 105 tanpa SIM card
9. dan beberapa barang bukti lainnya

AKBP Dr Bayu Suseno menambahkan bahwa saat ini anggota KKB Lupa Waker alias Lupa Walo telah berada di Posko Satgas Ops Damai Cartenz-2024 di Timika untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Ya tersangka sdh kami bawa ke Posko ODC di Timika. Rencana kami selanjutnya adalah kami akan melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap 3 DPO lainnya yang terlibat dalam pembakaran camp PT Unggul pada tahun 2021 lalu," pungkas Bayu.

Topik Menarik