Viral Semburan Lumpur dari Bekas Sumur Bor di Bojonegoro, Menjadi Perhatian Warga

Viral Semburan Lumpur dari Bekas Sumur Bor di Bojonegoro, Menjadi Perhatian Warga

Terkini | sragen.inews.id | Rabu, 28 Februari 2024 - 23:03
share

BOJONEGORO, iNewsSragen.id - Pusat Survei Geologi Badan Geologi menjelaskan bahwa semburan lumpur yang terjadi di Dusun Sanggar, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, telah menjadi perhatian.

Kepala Pusat Survei Geologi, Edi Slameto, memberikan penjelasan terkait hipotesis awal mengenai peristiwa ini.

Menurut Edi, kondisi bawah permukaan area Bojonegoro-Mojokerto Zona Upper Pleistocene - Recent (sekitar 180 m) tersusun oleh batuan Unconsolidated berbutir halus dengan brightspot seismogram di beberapa tempat.

Hal ini menunjukkan adanya potensi akumulasi gas dangkal yang dapat menciptakan zona bertekanan di atas normal.

Formasi Unconsolidated berbutir halus tersebut juga cenderung menipis ke arah lokasi semburan lumpur di Bojonegoro, namun masih memungkinkan adanya bright spot yang memiliki tekanan di atas normal.

Edi menyatakan bahwa kemungkinan semburan lumpur disebabkan oleh adanya "local pocket gas dangkal biogenic" pada formasi tersebut, yang dapat terganggu oleh aktivitas manusia atau peristiwa alam seperti gempa.

Edi menjelaskan bahwa ini hanyalah hipotesis sementara, dan sebagai langkah tindak lanjut, Badan Geologi akan melakukan pengambilan sampel lumpur untuk analisis karakteristik fisik dan geologinya.

Analisis ini diharapkan dapat memberikan informasi lebih lanjut mengenai umur endapan dan potensi serta karakteristik semburan lumpur.

Selain itu, Badan Geologi juga akan mengambil sampel air untuk mengetahui kandungannya dan menentukan apakah aman bagi masyarakat sekitar.

Sampel air ini juga dapat membantu menentukan asal formasi dari semburan, apakah berasal dari saline water formation atau fresh water formation.

Topik Menarik