KKB OPM di Paniai Kembali Berulah, Tembak Warga hingga Bakar Kios dan Gedung Sekolah

KKB OPM di Paniai Kembali Berulah, Tembak Warga hingga Bakar Kios dan Gedung Sekolah

Terkini | sorongraya.inews.id | Jum'at, 24 Mei 2024 - 12:50
share


PANIAI, iNewsSorong.id - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Organsiasi Papua Merdeka (OPM) kembali melakukan aksi teror di wilayah Kampung Madi, Distrik Paniai Timur Kabupaten Paniai Provinsi Papua Tengah pada Selasa (21/5/2204) dan Rabu (22/5/2024) dini hari.

Aksi teror KKB OPM tersebut yakni dengan menyerang warga hingga membakar sejumlah bangunan kios dan satu gedung sekolah di wilayah itu.

Juru Bicara Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo kepada wartawan di Jayapura menjelaskan kronologi kejadian teror KKB OPM tersebut.

Dimana menurut Benny, kejadian teror tersebut terjadi pada Selasa (21/5/2024) sekitar pukul 21.35 WIT. Kejadian berawal saat dua orang yang diduga bagian dari KKB OPM menggunakan sepeda motor singgah di sebuah kios milik seorang pedagang bernama Arwin(34) dengan alasan membeli rokok.


KKB OPM bakar sejumlah bangunan kios dan gedung sekolah serta serang warga di Kabupaten Paniai, Papua Tengah. (FOTO: TANGKAPAN LAYAR)

Setelah menerima rokok dari pemilik kios, salah satu anggota KKB OPM tersebut mengeluarkan senjata api dan menembakkannya ke arah pedagang tersebut.

" Beruntung tembakan tersebut tidak mengenai Arwin, hanya mengenai helm yang tergantung di dalam kios tersebut," ungkap Kombes Benny.

Tak hanya melakukan penyerangan, sekitar pukul 00.15. WIT, KKB OPM di wilayah itu juga melakukan aksi pembakaran terhadap belasan petak kios yang terletak di pertigaan Kopo, Kampung Madi Distrik Paniai Timur. Aparat keamanan kemudian merespon kejadian tersebut dengan segera mendatangi lokasi kejadian.

" KKB selain menembak pemilik kios juga melakukan pembakaran terhadap 12 unit bangunan kios di wilayah itu," ujarnya.

Sekitar pukul 00.52 WIT, aparat keamanan tiba di TKP. Saat aparat gabungan TNI-Polri bersama warga sipil hendak melakukan evakuasi terhadap masyarakat di sekitar lokasi kejadian, KKB (OPM) melakukan penembakan ke arah aparat keamanan. Baku tembak antara aparat keamanan dan KKB pun tak terhindarkan.

" Dalam baku tembak tersebut tidak ada korban jiwa. Aparat kemudian berhasil menguasai lokasi kejadian tersebut," imbuhnya.

Lebih lanjut Kombes Benny mengungkapkan KKB OPM terus melakukan aksinya dimana pada Rabu (22/5/2024) dini hari sekitar pukul 02.55 WIT, Kelompok kriminal bersenjata tersebut melakukan pembakaran terhadap sejumlah gedung sekolah di wilayah itu. Gedung sekolah yang dibakar tersebut diantaranya gedung PAUD, SD, dan SMP YPPGI Kepas Kopo.

" Pada Rabu subuh KKB kembali melakukan aksinya dengan membakar sejumlah gedung sekolah di wilayah Kampung Madi Distrik Paniai Timur," bebernya.


KKB OPM bakar sejumlah bangunan kios dan gedung sekolah serta serang warga di Kabupaten Paniai, Papua Tengah. (FOTO: TANGKAPAN LAYAR)

Dalam peristiwa itu aparat gabungan TNI-Polri berhasil mengevakuasi para guru dan keluarga mereka ke Polres Paniai.

" Total para guru dan keluarga yang berhasil di evakuasi sebanyak 23 orang. Diantaranya 9 orang pria dan 10 orang wanita serta 4 orang anak.

Hingga saat ini aparat gabungan TNI-Polri telah berhasil menguasai keadaan dan tetap bersiaga di sekitar lokasi kejadian untuk mengantisipasi adanya gangguan susulan dari KKB OPM.

Topik Menarik