Kereta Vs Motor di Semarang, Pengendara Tewas

Kereta Vs Motor di Semarang, Pengendara Tewas

Berita Utama | soloraya.inews.id | Selasa, 7 Mei 2024 - 20:18
share

Semarang, iNewsSoloraya.id - PT KAI Daop 4 Semarang membenarkan bahwa kereta api (KA) 61 Sembrani dengan relasi Surabaya Pasarturi - Semarang - Gambir bertabrakan dengan sepeda motor di jalur hilir Km 2+8 Perlintasan Sebidang Terjaga Jl Anjasmoro Semarang petak jalan Stasiun Semarang Poncol - Stasiun Jerakah pada Selasa 7 Mei 2024 pukul 11.25 WIB. Pengendara motor tersebut yakni seorang wanita berinial T. 

"Pada saat sebelum kejadian, Masinis KA 61 Sembrani telah membunyikan suling lokomotif berulang kali dan pengendara menerobos palang pintu perlintasan yang telah ditutup," kata Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo. 

Saat ini korban telah dievakuasi dan ditangani oleh pihak Kepolisian setempat. Akibat kejadian tersebut tidak ada imbas kerusakan sarana, namun ada keterlambatan sebanyak 5 menit pada KA 61 Sembrani karena adanya pemeriksaan rangkaian KA oleh Masinis paska kejadian di Stasiun Jerakah.

KAI mengimbau agar masyarakat pengguna jalan agar mendahulukan perjalanan Kereta Api, hal tersebut sesuai dengan UU 23 tahun 2007 tentang Perekeretaapian pada Pasal 124 yang menyatakan pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api.

KAI terus melakukan Sosialisasi keselamatan kepada masyarakat sebagai upaya preventif dalam rangka menekan angka kecelakaan. 

“Kami juga meminta bantuan kepada masyarakat untuk mengingatkan para pengguna jalan agar selalu waspada dan tidak melintas diperlintasan sebidang ketika KA akan lewat, karena sangat membahayakan, serta kami mohon kepada pihak yang berwenang untuk mengevaluasi keberadaan perlintasan tidak dijaga tersebut yang berpotensi menimbulkan  bahaya kecelakaan untuk dilakukan peningkatan keselamatan,” tutup Franoto.

Topik Menarik