Siapa Julius Malema? Calon Presiden Afrika Selatan yang Menjanjikan Nasionalisasi Tambang dan Peternakan Milik Kulit Putih

Siapa Julius Malema? Calon Presiden Afrika Selatan yang Menjanjikan Nasionalisasi Tambang dan Peternakan Milik Kulit Putih

Global | sindonews | Kamis, 30 Mei 2024 - 19:19
share

Julius Malema dari Afrika Selata , yang mundur dari Kongres Nasional Afrika yang berkuasa untuk membentuk partai sayap kiri radikal, berpotensi menjadi raja atau bahkan wakil presiden jika ANC kehilangan mayoritasnya seperti yang ditunjukkan oleh hasil pemilu awal.

Prospek ANC mengkooptasi Malema dan Pejuang Kemerdekaan Ekonomi (EFF) untuk tetap berkuasa setelah pemilu hari Rabu menimbulkan ketakutan di kalangan investor dan kelas menengah atas kulit putih yang ditentangnya.

Janji-janji EFF untuk menasionalisasi tambang emas dan platinum di negara tersebut serta menyita lahan dari petani kulit putih merupakan salah satu usulan yang mereka khawatirkan tidak hanya mengancam hak istimewa mereka namun juga perekonomian paling maju di Afrika.

Memperbaiki Kesenjangan Ras dan Ekonomi

Foto/Reuters

Janji Malema untuk memperbaiki kesenjangan ras dan ekonomi yang terus-menerus sejalan dengan konstituennya yang mencakup puluhan ribu pengangguran, pemuda kulit hitam perkotaan yang kehilangan haknya, dan pelajar kelas menengah yang berjuang untuk membayar biaya sekolah atau lulusan yang tidak mampu mendapatkan pekerjaan yang layak di tengah perekonomian yang stagnan.

ANC membebaskan warga kulit hitam Afrika Selatan dari kekuasaan minoritas kulit putih, namun kemakmuran luas yang dijanjikan tiga dekade lalu belum terwujud. Sementara itu, kelompok terkaya baik kulit hitam maupun kulit putih telah menyaksikan peningkatan kekayaan mereka.

Sepertiga penduduk Afrika Selatan, termasuk banyak pemilih kulit hitam yang memiliki gelar sarjana, kehilangan pekerjaan.

EFF menunjukkan secara akurat bahwa kita belum menyelesaikan masalah rasial di negara ini, kata Steven Friedman, direktur Pusat Studi Demokrasi Afrika Selatan.

Namun, ia menambahkan bahwa Malema gagal memperluas daya tarik partainya terhadap masyarakat yang sangat miskin di daerah pedesaan.

EFF, yang mengingatkan kita pada gerakan sosialis di masa lalu dengan kaos merah dan baret yang menjadi ciri khasnya, meraih lebih dari 10 suara dalam jajak pendapat nasional pada tahun 2019 dan jajak pendapat lokal pada tahun 2021.

Dia juga menghadapi tuduhan korupsi, namun dia membantahnya. Pada tahun 2015, pengadilan membatalkan tuduhan pencucian uang terhadapnya terkait dengan kontrak pemerintah.

Pada rapat umum akhir tahun 2020 di Senekal, di provinsi Free State yang sebagian besar merupakan wilayah agraris, puluhan pendukung Malema berkulit hitam yang mengenakan kemeja merah berhadapan dengan sekelompok kecil supremasi kulit putih, beberapa di antaranya mengenakan seragam tentara era apartheid.

Ketegangan terlihat jelas sampai seorang penjaga keamanan EFF memanggil salah satu pengunjuk rasa kulit putih dengan sikap ramah. Setelah berbicara, masing-masing kemudian menghadap ke samping dan membuat isyarat tangan yang menenangkan, meredakan keributan.

Hal ini merupakan ciri khas dari kemampuan Malema untuk meredakan ketegangan ras dan kelas yang sedang berlangsung di negara tersebut tanpa membuat ketegangan tersebut memuncak.

Terlahir sebagai putra seorang pekerja rumah tangga di sebuah keluarga India di Limpopo, utara Johannesburg, Malema aktif secara politik sejak usia muda dan naik pangkat menjadi presiden Liga Pemuda ANC pada tahun 2008.

Disebut Menabur Perpecahan

Ia mendirikan partainya yang memisahkan diri setelah ANC yang berkuasa menskorsnya sebagai pemimpin pemuda pada tahun 2011 karena "menabur perpecahan".

Meskipun para pengikutnya dengan penuh kasih sayang memanggilnya "Juju" - kependekan dari Julius - para pengkritik Malema lebih memilih nama seperti "penghasut", "militan", "badut", atau "populis".

Namun di negara yang isu populis utamanya adalah permusuhan terhadap migran dari negara-negara Afrika lainnya, partainya adalah satu-satunya partai yang berupaya mencabut kebijakan yang menghambat pergerakan bebas warga Afrika.

EFF berenang melawan arus dalam hal imigrasi, kata Chris Ogunmodede, analis dan editor World Politics Review. "(Ia) kemungkinan akan kehilangan banyak suara yang mungkin diperolehnya."

Meskipun Malema sempat tergoda dengan xenofobia pada Januari 2022, ketika dia mengumumkan kunjungan ke restoran untuk memastikan restoran tersebut tidak mempekerjakan terlalu banyak orang asing, dia tidak pernah mengulangi aksinya.

Topik Menarik