Terakhir Dilaksanakan 1990, Akankan Rusia Mempertimbangkan Uji Coba Nuklir untuk Menggertak Barat?

Terakhir Dilaksanakan 1990, Akankan Rusia Mempertimbangkan Uji Coba Nuklir untuk Menggertak Barat?

Global | sindonews | Kamis, 30 Mei 2024 - 18:18
share

Seorang anggota senior lembaga riset Rusia yang gagasannya terkadang menjadi kebijakan pemerintah, Dmitry Suslov, menyarankan agar Moskow mempertimbangkan ledakan nuklir demonstratif untuk menakut-nakuti Barat.

Proposal tersebut, yang diajukan oleh Dmitry Suslov, anggota Dewan Kebijakan Luar Negeri dan Pertahanan yang bermarkas di Moskow, dikeluarkan sehari setelah Presiden Vladimir Putin memperingatkan negara-negara Barat bahwa anggota NATO di Eropa sedang bermain api dengan mengusulkan agar Kyiv menggunakan senjata Barat untuk menyerang negara-negara Barat. menyerang jauh di dalam Rusia, sesuatu yang menurutnya dapat memicu konflik global.

Marah karena Barat Mengizinkan Ukraina Menggunakan Rudal Jarak Jauh

Foto/Reuters

Pimpinan Ukraina mengatakan mereka harus mampu menyerang pasukan Rusia dan sasaran militer di Rusia dengan rudal jarak jauh Barat agar mampu mempertahankan diri dan mencegah serangan udara, rudal, dan pesawat tak berawak, sebuah pandangan yang mendapat dukungan dari beberapa negara Barat. belum dengan Washington.

Rusia, yang memiliki persenjataan nuklir terbesar di dunia, telah memperingatkan bahwa pihaknya akan memandang langkah tersebut sebagai eskalasi besar yang akan menarik NATO dan negara-negara terkait ke dalam konflik langsung dengan Moskow, sehingga meningkatkan risiko perang nuklir.

Suslov, anggota Dewan Kebijakan Luar Negeri dan Pertahanan, sebuah lembaga pemikir yang dipuji oleh Putin karena mengatakan pihak berwenang terkadang mengambil ide kebijakannya, mengatakan Rusia perlu bertindak untuk mencegah Barat melewati garis merah.

Untuk mengkonfirmasi keseriusan niat Rusia dan untuk meyakinkan lawan-lawan kita tentang kesiapan Moskow untuk melakukan eskalasi, ada baiknya mempertimbangkan ledakan nuklir yang bersifat demonstratif (yaitu non-tempur), tulis Suslov di majalah bisnis Profil.

Efek politik dan psikologis dari awan jamur nuklir, yang akan ditayangkan langsung di semua saluran TV di seluruh dunia, diharapkan akan mengingatkan para politisi Barat akan satu hal yang telah mencegah perang antara negara-negara besar sejak tahun 1945 dan yang sebagian besar telah mereka lakukan sekarang. hilang ketakutan akan perang nuklir.

Suslov adalah pakar keamanan dan anggota parlemen Rusia terbaru yang berargumen bahwa Moskow harus melakukan uji coba bom nuklir untuk mengintimidasi di tengah perang Ukraina, sehingga memicu ketakutan di kalangan pakar keamanan Barat bahwa Rusia mungkin akan melakukan uji coba semacam itu.

Langkah seperti itu, jika benar-benar terjadi, dapat membuka era baru uji coba nuklir berkekuatan besar.

Belum ada komentar mengenai usulan Suslov dari Kremlin, yang mengatakan bahwa kebijakan nuklir Rusia tetap tidak berubah dan mengisyaratkan ketidaksenangannya terhadap retorika Barat yang semakin agresif dalam mempersenjatai Kyiv awal bulan ini dengan memerintahkan latihan senjata nuklir taktis.

Uji Coba Nuklir Strategis

Foto/Reuters

Suslov menyarankan agar Rusia juga memulai latihan nuklir strategis, memperingatkan negara mana pun yang senjatanya digunakan oleh Kyiv untuk menyerang Rusia bahwa Moskow berhak menyerang sasaran negara tersebut di mana pun di dunia, dan memperingatkan bahwa negara tersebut dapat menggunakan senjata nuklir jika negara tersebut kemudian membalas secara konvensional.

Putin pada bulan November menandatangani undang-undang yang menarik ratifikasi Rusia terhadap perjanjian global yang melarang uji coba senjata nuklir, sebuah langkah yang menurutnya dirancang untuk membawa Rusia sejalan dengan Amerika Serikat, yang menandatangani perjanjian tersebut tetapi tidak pernah meratifikasinya.

Para diplomat Rusia mengatakan pada saat itu bahwa Rusia, yang belum melakukan uji coba nuklir pasca-Soviet, tidak akan melanjutkan uji coba nuklir kecuali Washington melakukannya.

Terakhir Uji Coba Nuklir pada 1990

Foto/Reuters

Uni Soviet terakhir kali melakukan uji coba pada tahun 1990 dan Amerika Serikat pada tahun 1992. Hanya Korea Utara yang melakukan uji coba yang melibatkan ledakan nuklir pada abad ini.

Rusia memperingatkan Inggris bulan ini bahwa mereka dapat menyerang instalasi dan peralatan militer Inggris baik di Ukraina maupun di tempat lain jika senjata Inggris digunakan oleh Ukraina dengan izin London untuk menyerang wilayah Rusia.

Mereka mengeluarkan peringatan tersebut setelah Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron mengatakan Kyiv mempunyai hak untuk menggunakan senjata yang dipasok Inggris untuk menyerang sasaran di Rusia.

Topik Menarik