Dorong Pemberdayaan Perempuan Indonesia, Leet Media dan Pertamina Hadirkan Renjana Cita Srikandi

Dorong Pemberdayaan Perempuan Indonesia, Leet Media dan Pertamina Hadirkan Renjana Cita Srikandi

Gaya Hidup | sindonews | Jum'at, 10 Mei 2024 - 22:36
share

Perempuan memainkan peran penting dalam kehidupan sosial dan masyarakat. Namun, masih banyak hambatan dan diskriminasi yang menghalangi mereka untuk mengembangkan potensi serta talenta secara optimal. Diperlukan sebuah upaya bersama untuk mendorong pemberdayaan perempuan di Indonesia.

Guna mewujudkan komitmen tersebut, Leet Media mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi.

Chief Marketing Officer (CMO) Leet Media Indah Setyani menjelaskan, Renjana Cita Srikandi dirangkai dari tiga kata. Yakni “Renjana” yang mempunyai arti rasa hati yang kuat, “Cita" yang berarti keinginan atau kehendak, serta “Srikandi” yang berarti wanita gagah dan berani.

"Jadi, Renjana Cita Srikandi adalah sebuah wadah pemberdayaan buat para perempuan gagah dan berani yang mempunyai keinginan kuat untuk mencapai cita-cita mereka," kata Indah dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (10/5/2024).

Vice President (VP) Corporate Communication PT Pertamina Persero Fadjar Djoko Santoso menambahkan, pihaknya memiliki visi yang sama dengan Leet Media. Yaitu meningkatkan kapabilitas dan pemberdayaan perempuan.

Melalui acara Pertamina Renjana Cita Srikandi, Pertamina sekaligus menunjukkan aksinya yang sejalan dengan kebijakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendorong target proporsi perempuan yang mengisi jabatan-jabatan strategis, yakni sebesar 25 persen.

“Di Pertamina kita sedang mengusahakan untuk mencapai target 25 persen tersebut melalui beberapa strategi. Salah satunya melalui program Pertiwi yang bertujuan untuk lebih mengoptimalkan peran perempuan agar bisa jadi pemimpin masa depan. Berbagai posisi strategis sudah diisi oleh perempuan, salah satunya tentu saja direktur utama kami, Ibu Nicke Widyawati," beber Fadjar Djoko Santoso.

"Melalui acara ini, harapannya dapat memberikan inspirasi kepada perempuan yang akan hadir nanti dan tercipta sosok Ibu Nicke lainnya," lanjut dia.

Renjana Cita Srikandi akan digelar pada 17-19 Mei 2024 di Senayan Park, Jakarta, dengan mengangkat slogan “Energizing You, Elevating Each Other”. Slogan ini mempunyai makna untuk secara nyata memberikan energi melalui inspirasi, motivasi, sekaligus pembekalan diri hingga menguatkan kolaborasi perempuan Indonesia yang unggul di kompetisi global.

Pertamina Renjana Cita Srikandi memiliki agenda kegiatan yang terdiri dari Gelar Wicara, Lokakarya, Pameran, dan Penampilan Seni yang mewakili tiga unsur penting dalam merasakan pengalaman peningkatan kompetensi perempuan Indonesia yaitu Karsa, Kriya, dan Karya.

Karsa merupakan rangkaian acara yang berisi motivasi, inspirasi, dan peningkatan kepercayaan diri bagi para perempuan. Melalui sesi gelar wicara yang akan diisi oleh beberapa selebritas yang hadir sebagai pembicara tamu, serta berbagai kolaborasi dengan komunitas perempuan lainnya, diharapkan dapat menggerakkan semangat dan ambisi dalam diri para peserta.

Selanjutnya Kriya, bertujuan untuk memperkuat keterampilan praktis perempuan Indonesia, dengan menekankan pentingnya keterampilan tangan dalam konteks bisnis. Melalui program Kriya, akan hadir berbagai lokakarya dan demonstrasi langsung dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terkemuka.

Terakhir Karya, merupakan program yang memungkinkan para perempuan untukmengekspresikan kreativitas mereka dalam berbagai bentuk seni, busana, dan musik. Melalui pameran kerajinan, peragaan busana, pertunjukan musik, serta tarian tradisional, diharapkan dapat menciptakan sebuah ruang di mana para perempuan merayakan keindahan dan keberagaman budaya Indonesia, sekaligus menginspirasi orang lain melalui karya-karya mereka.

Indah Setyani berharap Pertamina Renjana Cita Srikandi tidak berakhir hanya di tanggal 19 Mei 2024, namun berkelanjutan dan hadir di berbagai kota lain agar dapat menguatkan dan memberdayakan perempuan Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan, serta menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat.

Senada dengan Indah Setyani, Fadjar Djoko Santoso juga berharap acara ini dapat memberikan energi kepada perempuan yang hadir agar lebih banyak lagi perempuan Indonesia yang berdaya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara ini, silahkan kunjungi akun Instagram dan situs resmi Renjana Cita Srikandi.

Topik Menarik