Kalimantan Timur Siapkan Dukungan Kesehatan untuk IKN

Kalimantan Timur Siapkan Dukungan Kesehatan untuk IKN

Infografis | sindonews | Jum'at, 10 Mei 2024 - 20:37
share

Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) menyiapkan dukungan kesehatan untuk Ibu Kota Nusantara (IKN). Di antaranya melalui peluncuran Health Expo 2024 di Atrium Mall Pentacity Balikpapan Super Block (BSB), Kamis (9/5/2024).

"Ini penting bagi Kalimantan Timur sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara. Apalagi sekarang Presiden sudah melakukan groundbreaking empat rumah sakit bertaraf Internasional di IKN," kata Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik saat meresmikan peluncuran Health Expo 2024.

Baca juga: UU IKN Disahkan, Semua Kementerian dan Lembaga Negara Pindah ke Kaltim

Dia berharap Kaltim dapat mengambil keuntungan kebijakan ini. Sehingga ke depannya warga Indonesia tidak lagi berobat ke luar negeri, namun cukup ke rumah sakit yang ada di Kaltim.

"Di sinilah pentingnya memahami betapa pentingnya kesehatan. Khususnya daerah-daerah penyangga, karena mereka yang pergi ke Kaltim pasti mampirnya ke sini Balikpapan atau Samarinda," ujarnya.

Menurut Akmal, expo ini sangat penting karena mempunyai potensi yang sangat besar untuk menjadi salah satu tempat berkembangnya industri kesehatan.

"Dalam expo ini banyak yang hadir para penyedia atau distributor. Tadi Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menawarkan untuk bisa bikin pabrik di sini. Kita siapkan dan permudah perizinan,"sebut Akmal.

Baca juga: Badan Otorita Siapkan Warga Kaltim Agar Tak Jadi Penonton Saat IKN Sudah Terbangun

Lanjut Akmal mengungkapkan bahwa kehadiran industri kesehatan ini akan menguntungkan Kaltim.

"Mudah-mudahan ini ke depan Kaltim bisa meningkatkan kualitas peralatan medik di Indonesia," jelasnya.

Topik Menarik