Prabowo Minta Oposisi Jangan Ganggu, Ganjar Ingatkan yang Bekerja Sama Bisa Mengganggu

Prabowo Minta Oposisi Jangan Ganggu, Ganjar Ingatkan yang Bekerja Sama Bisa Mengganggu

Nasional | sindonews | Jum'at, 10 Mei 2024 - 18:30
share

Calon presiden nomor urut 3 pada Pilpres 2024 Ganjar Pranowo turut merespons pernyataan Presiden Terpilih Prabowo Subianto yang meminta oposisi untuk tidak mengganggu pemerintahannya nanti. Ganjar mengingatkan bahwa yang diajak bekerja sama bisa mengganggu.

Untuk itu, ia mengingatkan Prabowo untuk berhati-hati terhadap pihak yang di dalam kekuasaan. "Iya yang bekerja sama saja bisa ganggu loh. Saya ingetin loh itu. Jangan sampai kemudian yang di dalam malah mengganggu. Umpama, kita ingin ciptakan pemerintah bersih, tetapi korupsi di dalam, itu mengganggu," kata Ganjar saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2024).

Ganjar melanjutkan, justru pihak yang di luar pemerintahan bisa membantu pemerintah. Pasalnya, ia meyakini pihak yang tak bekerja sama dengan pemerintah bisa mengingatkan.

Baca juga: Politikus PDIP Berharap Prabowo Tak Menjadi Pemimpin Antikritik

"Yang di luar jangan-jangan malah membantu, karena mengingatkan yang baik. Dan checks and balances akan berjalan," ucap Ganjar.

"Dan kalau kemudian parpol, katakan tidak ikut di pemerintahan, masyarakat sipil tidak ikut di pemerintahan loh. Masyarakat sipil bisa loh memberikan catatan-catatan kritis," imbuhnya.

Baca juga: Prabowo Siap Berjuang dengan Pihak yang Mau Diajak Kerja Sama: Kalau Tak Mau, Jangan Mengganggu

Atas dasar itu, Ganjar menilai, perlu dibukanya ruang kontrol terhadap kinerja pemerintah. Ia pun setuju dengan Prabowo bila pihak yang di luar pemerintahan tak ganggu secara destruktif.

"Tetapi betul kalau mengganggu itu artinya destruktif, kita setuju, jangan," pungkasnya.

Topik Menarik