Daftar Bacalon Gubernur Sumut ke Perindo, Edy Rahmayadi Singgung Soal Etika

Daftar Bacalon Gubernur Sumut ke Perindo, Edy Rahmayadi Singgung Soal Etika

Infografis | sindonews | Jum'at, 10 Mei 2024 - 16:14
share

Edy Rahmayadi telah resmi mendaftar ke Partai Perindo untuk menjadi Bakal Calon (Bacalon) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) yang akan diusung pada Pilgub Sumut, November 2024 mendatang.

Mantan Gubernur Sumut periode 2018-2023 itu menyerahkan langsung berkas pendaftaran tersebut kepada Ketua DPW Partai Perindo Sumut, Rudi Zulham Hasibuan di Kantor DPW Partai Perindo Sumut, Jalan Cut Nyak Dhien, Kota Medan, Rabu (8/5/2024).

Baca juga: Maju Pilgub Sumut, Edy Rahmayadi Daftar ke Partai Perindo

Usai mendaftar, Edy Rahmayadi sempat menyinggung soal etika dalam pendaftarannya sebagai Bacalon Gubernur Sumut ke Perindo.

Edy Rahmayadi mengaku mengenal dekat dengan Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo (HT) dan bisa saja bicara langsung dengan HT untuk mendapatkan dukungan. Namun dia tetap menggunakan prosedur yang ada dengan mendaftar melalui pengurus daerah DWP Partai Perindo di Sumut.

"Saya belum menghubungi Pak Hary Tanoesoedibjo, meskipun sudah kenal. Tapi yang pasti saya sudah mengikuti prosedur yang benar. Prosedur yang harus kita ikut. Jangan karena saya anaknya pak camat, langsung ke pak camat. Karena saya anak pak lurah, langsung ke pak lurah. Ada prosedurnya, itu etika namanya," katanya.

Dia tidak menyebutkan secara spesifik siapa yang disasarnya lewat penekanan soal etika itu. Namun pernyataan tersebut seolah mengkritik sejumlah nama yang belakangan muncul dan mendapatkan keistimewaan karena hubungan kekerabatan dengan penguasa.

Baca juga: Edy Rahmayadi Bacalon Gubernur Sumut Pertama yang Mendaftar ke Perindo

"Saya mendaftar ke Partai Perindo. Tugas saya sudah selesai mendaftar, apakah nanti mau diusung atau dimasukkan tong sampah, itu wewenang Ketua Umum Partai Perindo," tukasnya.

Edy Rahmayadi mengaku Partai Perindo adalah salah satu partai politik yang paling ia sasar untuk mengusungnya di Pilgub Sumut 2024. Itu karena ia menganggap Perindo sebagai sahabatnya.

Edy menyatakan, semakin banyak partai politik yang mendukungnya dan mengusungnya, akan lebih baik untuk pencalonannya.

"Dari kemarin saya sudah minta tim saya untuk mendatangi Perindo, untuk mendaftar, karena mereka sahabat saya. Hari ini saya datang untuk memenuhi amanah-amanah itu. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali," tegasnya.

Selain ke Perindo, Edy Rahmayadi juga telah mendaftar ke sejumlah partai politik lain. Yakni ke PDIP, PKS, Partai Demokrat, Partai NasDem dan PKB.

Topik Menarik