Nabung dari Hasil Tani, Kakek 94 Tahun asal Bandung Barat Wujudkan Mimpi Pergi Haji

Nabung dari Hasil Tani, Kakek 94 Tahun asal Bandung Barat Wujudkan Mimpi Pergi Haji

Infografis | sindonews | Jum'at, 10 Mei 2024 - 13:53
share

Iman Rakiman (94) tercatat sebagai salah satu jemaah haji tertua tahun 2024 asal Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Kakek yang hampir berusia satu abad ini akan berangkat ke Tanah Suci bersama istrinya, Ai Jarsih (74), yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 46.

Baca juga: Kisah Tukang Parkir Naik Haji setelah Bertahun-tahun Menabung di Celengan Kotak Kayu

Iman Rakiman dan Ai Jarsih dijadwalkan akan berangkat ibadah haji pada 31 Mei nanti. Meski berusia hampir satu abad, kakek yang berprofesi sebagai tani dan berjualan sayur ini tampak masih sehat dan bugar.

Bahkan, dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari, Iman dan Ai melakukannya secara mandiri, tanpa bantuan orang lain.

Iman mengaku, untuk pergi haji dirinya mengumpulkan uang dari hasil jerih payah sebagai petani sayur selama bertahun-tahun, yang juga dibantu anaknya.

“Kalau nabung haji bapak mah dari 2014, hasil tani di kebun-kebun,” ucap Iman, Jumat (10/5/2024).

Baca juga: 20 Tahun Nabung, Siti Marsifah Penjual Sayur Keliling di Tuban Berangkat Ibadah Haji

Bagi Iman dan Ai, mereka memilih menitipkan uang tabungan untuk berangkat haji kepada anak-anaknya dibanding pergi ke bank.

“Gak nabung di bank bapak mah, di anak disimpennya. Buat berangkat juga dari anak-anak, Alhamdulillah,” ungkap Ai.

Untuk diketahui, Kabupaten Bandung Barat akan memberangkatkan 1.181 jemaah haji pada tahun ini. Tercatat, usia jemaah haji tertua 94 tahun dan termuda 18 tahun.

“Jemaah haji yang berangkat kali ini adalah jemaah haji yang daftar tahun 2013 akhir dan 2014 awal, jadi mereka daftar tunggu 10-11 tahun,” ujar Kepala Kementerian Agama (Kemenag) KBB, Tedi Ahmad Junaedi.

Dikatakan Tedi, jemaah haji di KBB terbagi dalam tiga kloter, dengan jadwal pemberangkatan 15 Mei, 31 Mei, dan 4 Juni 2024.

Topik Menarik